POPULAR STORIES

Polda Metro Jaya Perluas ETLE, Bakal Ada 102 Kamera

Polda Metro Jaya Perluas ETLE, Bakal Ada 102 Kamera

KabarOto.com - Sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) terus diperluas. Beberapa kota selain di DKI Jakarta juga sudah menerapkan sistem tilang menggunakan CCTV ini. Kabar terbaru datang dari Polda Metro Jaya, bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta teknologi kamera ETLE akan dikembangkan.

Pengembangan ini dilakukan untuk menekan angka kemacetan di Ibu Kota. Bahkan, kamera CCTV terus ditambah agar penindakan hukum berjalan efektif. Kamera CCTV sistem ETLE akan ditambah sebanyak 45 unit pada pertengahan Maret 2020.

Baca Juga: Kebumen Resmi Terapkan Tilang ETLE

"Rencananya diujicobakan 13 Maret, tapi tentatif," jelas Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Pembinaan Penegakan Hukum (Bin Gakkum) pada Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar saat dikonfirmasi.

Saat ini kamera CCTV masih dalam tahap pemasangan instalasi dan finishing. Usai pemasangan, petugas Ditlantas Polda Metro Jaya akan mulai uji coba selama satu pekan. Kemudian dilanjutkan tahap sosialisasi serta penegakkan hukum.

Polda Metro Jaya menargetkan 102 kamera ETLE terpasang di Jakarta pada 2020. Rencananya penambahan kamera CCTV ETLE di empat jalur.

Pertama, jalur Kota Tua - Gajah Mada - MH Thamrin - Sudirman - Blok M - Senayan. Di jalur ini terpasang 18 kamera CCTV. Kedua, jalur Grogol - Pancoran yang terpasang 8 kamera di tujuh titik.

Baca Juga: Dari Tertangkap Kamera Hingga Pembayaran, Begini Alur Tilang ETLE

Ketiga, Jalur Halim - Cempaka Putih sebanyak delapan unit kamera di empat titik.

Kelima, Rasuna Said, Gunung Sahari, dan Prof Dr. Satrio sebanyak sebelas kamera di enam titik.

Bertambahnya jumlah kamera CCTV ETLE tidak luput dari hasil positif yang diberikan. Sejak pertama kali beroperasi 1 November 2018 hingga November 2019 kamera ETLE telah mencatat pelanggaran sebanyak 54.074 kali.

Dari jumlah tersebut, 25.459 pelanggar sudah melakukan konfirmasi dan pembayaran denda tilang. Sementara 28.615 pelanggar telah diblokir kendaraannya. Penerapan sistem ETLE juga mencatat mampu menurunkan jumlah pelanggar lalu lintas hingga 27 persen.

Tonton juga: