Pole Position F1 Spanyol 2022, Max Verstappen Kembali Ke Puncak Klasemen

Pole Position F1 Spanyol 2022, Max Verstappen Kembali Ke Puncak Klasemen Dok : F1

KabarOto.com – Max Verstappen (Red Bull Racing) kembali meraih kejayaannya setelah beberapa seri terakhir pembalap Belanda itu tertinggal akibat masalah teknis RB18. Kemenangan di GP Spanyol membuat juara dunia itu kembali ke puncak klasemen dengan total 110 poin.

Sementara Charles Leclerc (Scuderia Ferrari) harus turun satu peringkat karena gagal finis akibat permasalahan power unit. Alhasil Leclerc tidak mendapat poin di balapan kemarin, dan tertahan di posisi kedua dengan 104 poin.

"Jelas, kami tidak senang dengan hasil hari ini. Mengecewakan memiliki masalah dengan unit daya membuat Leclerc kehilangan kemenangan, terutama karena tim di Maranello telah melakukan pekerjaan sangat baik dalam pengembangan. Sainz finis keempat, kembali dari situasi sulit. Mungkin, ia masih belum mendapatkan karakter F1-75 yang diinginkan, dan tim membantunya menjadi nyaman dengan mobil. Dia ulet mempelajari situasi dan tidak pernah menyerah,” jelas Mattia Binotto, Ketua Tim Ferrari.

Baca juga Hasil F1 Spanyol 2022, Kemenangan Besar Red Bull Racing

Sergio Perez (Red Bull Racing) juga tampil konsisten menempati finis kedua, mempertahankan tempat ketiganya di klasemen dengan 85 poin. Berada di bawahnya ada George Russell (Mercedes-AMG Petronas) yang meraih podium ketiga, pembalap Inggris itu sudah mengumpulkan 74 poin.

“Hari ini sangat sulit! Saya sangat bangga berdiri di sini di podium dan membawanya pulang untuk tim. Orang-orang telah bekerja sangat keras, jadi hasil ini untuk semua orang di Brackley dan Brixworth yang telah bekerja tanpa lelah, terima kasih,” jelas Russell.

Carlos Sainz (Scuderia Ferrari) tampil di kampung halamannya sendiri berhasil finis keempat, menyumbang satu-satunya poin bagi tim. Total pembalap Spanyol itu telah mengumpulkan 65 poin.

Lewis Hamilton (Mercedes-AMG Petronas) menempati urutan keenam klasemen dengan 46 poin setelah finis kelima usai mengejar ketertinggalannya di lap-lap awal. Lando Norris (McLaren) berada di urutan ketujuh mengantongi 39 poin setelah finis kedelapan di Grand Prix kemarin.

Baca juga: FIA : Aston Martin Tidak Menjiplak, Tanggapan Bos Red Bull Racing Santai

Valtteri Bottas (Alfa Romeo) juga membuat Alfa Romeo mampu bersaing di papan tengah. Total pembalap Finlandia itu sudah mengumpulkan total 38 poin.

Sementara Esteban Ocon (Alpine) yang finis ketujuh, telah menggenapkan poinnya menjadi 30 poin. Serta Kevin Magnussen (Haas) menutup urutan 10 besar klasemen dengan raihan 15 poin.

Klasemen Pembalap Usai F1 Spanyol 2022 :