POPULAR STORIES

Polres Bitung Mulai Terapkan Tilang Elektronik Pekan Depan

Polres Bitung Mulai Terapkan Tilang Elektronik Pekan Depan Beberapa kota di Indonesia segera menerapkan tilang elektronik atau ETLE

KabarOto.com - Dalam rangka merealisasikan 100 hari program kerja Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo, Satuan Lantas Polres Bitung, Sulawesi Utara rencananya akan memulai uji coba Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) atau yang biasa disebut tilang elektronik.

Kasat Lantas Polres Bitung AKP Awaludin Puhi SIK mengatakan, masih ada kendala terkait peralatan ETLE. "Mengingat masih ada kendala terkait alat ETLE, sementara kami manfaatkan CCTV Dinas Perhubungan," terangnya, dikutip dari NTMC Polri.

Baca Juga: Korlantas Polri Akan Pasang 166 Kamera ETLE Di 3 Polda Dan 4 Polresta

Kamera pengawas pendukung tilang elektronik

Dia menuturkan, saat ini pihaknya sudah melakukan koordinasi untuk uji coba perdana tilang elektronik, khususnya dengan Dishub Pemkot Bitung. Data yang akan dikelola masih secara manual, karena masih terbatas.

“Masih manual, kita akan capture nomor pelat dan data pelanggaran apa saja," terangnya.

Kemudian hasil capture tersebut akan dikirim ke rumah alamat pemilik kendaraan tersebut. Nantinya, para pengguna jalan yang melanggar dan terekam kamera, wajib melakukan konfirmasi ke Satlantas bagian tilang.

“Kalau tidak, Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) akan diblokir sementara, sampai dia mengonfirmasi di bagian tilang,” terangnya. Karena ETLE ini untuk transparansi berkeadilan sesuai yang diamanatkan Kapolri. Kita melaksanakan pra ETLE, dan nantinya akan menyelesaikan kendala yang dihadapi," tambah dia.

Baca Juga: Ratusan Pelanggar Lalin Tiap Hari Terekam Kamera ETLE

Kendala yang dia maksud adalah di Bitung, banyaknya kendaraan yang tidak ada pelat. “Kami sedang gencar-gencarnya hunting kendaraan yang tidak memiliki plat nomor," tutup Awaludin.