Polri Beberkan Titik-titik Rawan Kemacetan di Jalur Mudik, Ini Lokasinya

Bimo Hariyadi
Bimo Hariyadi 08 Jun 2018 - 10:05
Polri Beberkan Titik-titik Rawan Kemacetan di Jalur Mudik, Ini Lokasinya
Jalur Mudik rawan Kemacetan. (Foto: Antara)

KabarOto.com - Bagi anda yang akan melakukan perjalanan mudik, informasi ini mungkin sangat penting, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) membeberkan titik-titik rawan kemacetan di beberapa jalur mudik. Kombes Pol. Bambang Sentot Widodo, Kasubditwal dan PJR, Polri memberikan informasi daerah-daerah yang rawan kemacetan.

"Jalan Tol Jakarta - Cikampek (KM. 10 – KM. 16 ,KM. 37 A & KM. 47 B), pintu tol Pemalang Timur (Gandulan), Pasar Tonjong (Karang Sawah) Kabupaten Brebes, Rest Area tol Cipali (KM. 130 & KM. 102 ) untuk jalur Selatan titik rawan kemacetan berada di Limbangan - Malambong - Gentong. Sementara itu arus balik di tol Cikampek KM 62, KM 52 & KM 42) merupakan titik yang rawan kemacetan," paparnya dalam acara Forum Promoter 2018 Polri yang bertema “Kesiapan Menghadapi Mudik Lebaran Dalam Rangka Mewujudkan Kamseltibcarlantas” di Hotel 88 Jakarta, Kamis (07/06).

Baca Juga: Polri Siap Memberi Kelancaran, Kenyamanan dan Keamanan di Jalur Mudik

Bambang juga mengaku jika Polri sudah menyiapkan langkah-langkah untuk penanganan PAM arus mudik 2018, diantaranya dengan melipat gandakan moda angkutan Massal dibanding angkutan Pribadi. "Selain itu kami juga persiapkan infrastruktur transportasi darat yang bebas hambatan, ketersediaan tempat istirahat yang memadai, penanganan macet yang high responsif, manajemen traffic, contra flow, pengalihan arus, gate manajemen, one way, pembatasan truk serta penyebaran informasi mudik yang sporadis," paparnya.

Kemacetan di Pintu tol saat mudik. (Foto: Istimewa)

Bagi para pemudik dari arah Jabodetabek menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur titik macet akan bergeser ke Semarang. Pada arus mudik 2017 lalu, Tol Trans Jawa dari arah Jakarta – Semarang, yang operasional baru sampai Brebes Timur (Brexit), dan fungsionalnya sampai di Pemalang. Tapi sekarang sampai Pemalang sudah operasional, sedangkan Pemalang – Semarang fungsional.