POPULAR STORIES

Polri Sebutkan Titik-titik Krusial Di Jalur Mudik

Polri Sebutkan Titik-titik Krusial di Jalur Mudik Jalan tol Jakarta Merak (Foto Ilustrasi Astra Infra)

KabarOto.com - Dalam rangka meningkatkan keamanan dan kenyamanan di jalur mudik, Polri akan menggelar Operasi Ketupat. Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan menyebut, ada titik krusial selama arus mudik yang sudah diantisipasi, dan disiapkan pengelolaan traffic management.

Salah satu titik krusial di jalan tol dari Jakarta mengarah ke timur, pertama di pertemuan antara Jakarta-Cikampek dengan Cipali. Di situ terjadi bootleneck, sehingga akan dilakukan rekayasa lalu lintas, mulai Contraflow sampai dengan oneway.

Baca Juga: Ganti Ban Cadangan Saat Perjalanan Mudik, Begini Tahapannya

Kemudian di Jawa Tengah juga ada beberapa titik krusial di jalan tol, antara Bawen dan Banyumanik. "Ini juga sudah kita siapkan untuk rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan oleh Polda Jateng mulai dari contraflow sampai dengan one way,” jelas Aan, dikutip dari NTMC Polri.

Jalan tol Jakarta - Cikampek (Foto ilustrasi: KabarOto)

Aan menjelaskan, jalur arah Merak diprediksi akan terjadi lonjakan. Polri sudah menyiapkan beberapa strategi, menjadi titik krusial, karena tahun lalu, dermaga Merak sangat terbatas.

“Untuk tahun ini kita akan melakukan delaying sistem. Kita akan mengatur flow masuk ke arah Merak mulai KM 43 rest area, kemudian KM 68 rest areanya sampai Cikuasa Atas," tambah Aan. Nantinya akan dijadikan bumperzone, kita akan atur kendaraan yang akan masuk ke dermaga.

Aan menjelaskan bahwa pada tahun ini untuk Merak juga ada satu solusi yang baik yakni pemerintah menyiapkan pelabuhan dermaga tambahan yaitu berada di Ciwandan ini yang dikhususkan untuk kendaraan roda dua dan angkutan barang. Kemudian kita juga menyiapkan pelabuhan di tambahan untuk mengantisipasi lonjakan ke arah Sumatera.

Sedangkan untuk jalur arteri juga sudah dipetakan di pantura, tengah maupun selatan, sudah ada rekayasa lalu lintas, diperkirakan ada beberapa titik terjadi trouble spot, seperti pasar tumpah.

Baca Juga: Mobil Ditinggal Selama Mudik Lebaran? Begini Tipsnya

“Jalur Tengah, Selatan juga sudah disiapkan di Limbangan. Brebes juga ada jembatan yang belum selesai, ini sudah kita siapkan rekayasa lalu lintas," tambah Aan lagi. Ia pun berharap, kesiapan bisa dilaksanakan dengan baik.