POPULAR STORIES

Prodrive P2 Mobil Balap Legal Jalan Raya

Prodrive P2 Mobil Balap Legal Jalan Raya

KabarOto.com – Buat kalian yang suka dunia motorsport, pasti cukup familiar dengan Prodrive. Engineer asal Inggris ini didirikan pada tahun 1984, oleh David Richards. Dan mulai banyak dikenal karena keterlibatannya dalam dunia reli, mengembangkan mobil balap milik tim reli dunia Subaru besutan Colin McRae dan Richard Burns.

Namun tidak hanya meng-upgrade mobil loh, melainkan Prodrive turut membuktikan bahwa mereka juga dapat membuat mobil sendiri.

Pada 2006, Prodrive membuat mobil dengan konsep Road Legal, atau dalam kata lain sah digunakan di jalan raya. Menariknya, walau punya bodi mobil sport, tapi basis P2 merupakan sebuah kei car Subaru R1, yang dikawinkan dengan Subaru Impreza WRX Sti.

Baca Juga : Akhiri Era EJ20, Subaru Luncurkan WRX STI Final Edition Secara Terbatas

Bodi didesain oleh ahlinya yakni Peter Stevens, dimana beliau juga merancang sebuah McLaren F1.

Mobil tersebut memiliki jantung pacu EJ20, sebuah mesin boxer 4 silinder, berkapasitas 2.000 cc. Namun bedanya P2 memiliki turbocharger lebih besar, sehingga tenaganya mencapai angka 345 dk, dan mampu berakselerasi 0-100 kpj hanya dalam 3,8 detik, serta kecepatan maksimal 280 kpj.

Selain itu, fitur mobil balap reli tidak lupa disematkan seperti Anti-lag system (ALS) dan Active Torque Dynamics (ATD). Sistem tersebut juga sangat penting untuk performa agar tetap prima, sebab seperti tahu, kalau turbo itu perlu waktu spooling supaya tenaganya naik, dengan adanya ALS gejala tersebut dapat diminimalisir.

Sementara fitur ATD dipasang ke sistem penggerak mobil ini. Kelebihannya adanya dapat memdistribusikan torsi mobil secara otomatis dengan tepat, alhasil gejala oversteer atau understeer bisa dibilang sangat minim terjadi.

Baca Juga : Subaru STI Bergaya Stance

Bahkan Jeremy Clarkson sempat dibuat mual ketika melakukan tes pada mobil ini. Dan P2 mencatat waktu sangat cepat, memgalahkan mobil dengan kapasitas lebih besar seperti BMW M5 E60, Audi R8, Aston-Martin Vanquish dan sebagainya.

Walau begitu, Prodrive tidak berencana untuk memproduksi P2 secara masal. Perkiraan saat itu mobil tersebut bisa dijual sekitar 40,000 Euro atau setara Rp 616 juta kurs saat ini.