POPULAR STORIES

Profil All New Honda Civic Type R FL5, Mengusung Desain Agresif Dan Mesin Paling Bertenaga

Profil All New Honda Civic Type R FL5, Mengusung Desain Agresif dan Mesin Paling Bertenaga All New Honda Civic Type R FL5 (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - All New Honda Civic Type R FL5 hadir sebagai model Civic tercepat yang pernah dibuat oleh Honda. Di mana, sedan berperforma tinggi ini memiliki desain agresif dan mesin bertenaga paling gahar.

Sebagai informasi, varian Type R merupakan jenis mobil Honda yang terinspirasi dari sebuah mobil balap. Varian ini pertama kali diperkenalkan untuk Honda NSX pada tahun 1992. Setelah itu, Type R juga pernah hadir di Honda Integra dan Honda Accord. Honda Civic sendiri pertama kali memiliki varian Type R pada tahun 1997, dan pada saat ini sudah memasuki generasi ke-6.

All New Honda Civic Type R tampil dengan tampilan yang sporty serta agresif

Varian Type R memiliki emblem logo Honda berwarna merah. Logo ini sebelumnya hanya digunakan pada mobil balap Honda yang turun dalam sebuah kejuaraan balap.

Generasi terbaru dari All New Honda Civic Type R pertama kali diluncurkan di Jepang pada bulan September 2022 dan langsung disambut dengan antusias oleh para penggemarnya di seluruh dunia. Varian Type R merupakan inspirasi bagi Honda untuk mengembangkan berbagai varian yang juga memiliki kesamaan karakter sport.

Bagian samping terdapat pelek alloy 19 inci berwarna Matte Black dipadu dengan ban berkarakter sport.

Baca juga: All New Honda Civic Type R FL5 Cetak Rekor Di Sirkuit Suzuka

All New Honda Civic Type R FL5 tersedia dalam 5 pilihan warna yaitu Championship White, Rallye Red, Crystal Black Pearl, Sonic Gray Pearl dan warna terbaru Racing Blue Pearl. Mobil ini ditawarkan dengan harga Rp 1.399.000.000,- (OTR wilayah Jakarta untuk kepemilikan orang pertama tahun 2023).

Eksterior All New Honda Civic Type R tampil sporty plus agresif, berkat aksen hitam glossy di spoiler depan dan belakang, side sill garnish, juga diffuser belakang. Plus dilihat dari samping, di belakang ban depan terdapat lubang untuk mengalirkan udara agar lebih aerodinamis

Uniknya melihat 3 lubang knalpot yang diletakkan di bagian tengah, dilengkapi teknologi active exhaust valve. Jadi, knalpot utama di kedua sisi menyalurkan gas buang dari mesin, sementara knalpot tengah berfungsi untuk mengendalikan sonic tone pada mesin.

Knalpot tengah berfungsi untuk mengendalikan sonic tone pada mesin.

Desain ini diklaim dapat memberikan keseimbangan saat bermanuver, khususnya di lintasan balap. Lampu depan, belakang dan DRL menggunakan teknologi LED.

Kaca spion dengan lampu sein LED serta pelipatan spion otomatis, dan lampu kabut khusus di bagian belakang.

Pada sisi samping, terdapat pelek alumunium 19 inci berwarna hitam dof dipadu dengan ban berkarakter sport.

Pada sisi interior All New Honda Civic Type R mengembangkan desain yang memberi perasaan bergairah saat pengemudi masuk ke dalam mobil. Saat membuka pintu, pengemudi akan menemukan kursi serta karpet mobil berwarna merah yang mewah dan nyaman hingga ke kursi belakang. Area kokpit didominasi warna hitam dan merah dengan desain dasbor sporty yang membuat pengemudi untuk fokus dalam berkendara.

All New Honda Civic Type R mengembangkan desain yang memberi perasaan bergairah saat pengemudi masuk ke dalam mobil

Baca Juga: 15 Unit All New Honda Civic Type R FL5 Terjual, Antrian Sudah 95 Unit

Setiap unit All New Honda Civic Type R disematkan dengan plat nomor seri unik. Desain spidometer menggunakan layar TFT 10,2 inci dan jarum spidometer warna kuning yang menjadi ciri khas dari Type R.

Detail instrumen panel A/C menggunakan pilihan serta corak warna polarized gunmetal yang juga sangat kental dengan nuansa sport.

Sementara itu, desain konsol panel tengah, tuas transmisi serta pedal mengadopsi gaya sport dengan bahan aluminium.

Desain jok menggunakan Sport Bucket Seats with Red Suede Style Fabric berwarna vivid red

Jok depan mengadopsi mode semi bucket berbahan fabric warna merah (vivid red), roda kemudi dibalut bahan Alcantara dengan benang jahit warna merah.

Untuk selalu aktif berkunikasi terdapat charging wireless dan USB. Dengan tambahan arm rest dan tempat penyimpanan botol minuman di konsol tengah.

All New Honda Civic Type R FL5 menampilkan berbagai macam fungsi yang berbeda seperti G-Meter dan lap time recorder yang memudahkan pengendara untuk mengetahui kondisi mobil.

Head unit dengan layar sentuh 9 inci dapat digunakan untuk menikmati audio dalam berbagai format, serta dapat terhubung dengan smartphone untuk menemani perjalanan dan mengakses fitur Data LogR.

Sama seperti Civic Type R generasi sebelumnya, mobil ini dilengkapi 8 speaker, remote audio, tombol MID, kontrol telpon pada setir. Tak ketinggalan pengoperasian AC otomatis dengan kontrol dua zona.

Head unit dengan layar sentuh 9 inci dapat digunakan untuk menikmati audio dalam berbagai format

Baca juga: Honda Rilis Teaser Dua Mobil Listrik Baru

Jatung pacu All New Honda Civic Type R FL5 dibekali mesin 4 silinder, DOHC, VTEC, turbo, berkapasitas 2.000 cc yang mampu menghasilkan tenaga 319 dk di 6.500 rpm dan torsi 420 Nm di 2.600-4.000 rpm.

Mesin tersebut dipadukan transmisi manual 6 percepatan yang telah disempurnakan oleh Rev Match System , sehingga memungkinkan mobil mempertahankan tenaga maksimumnya saat perpindahan gigi.

Transmisi manual 6 percepatan yang telah disempurnakan oleh Rev Match System

Di atas kertas, All New Honda Civic Type R mempunyai kecepatan maksimal hingga 272 kpj, di mana sedan sport ini mampu mencatatkan waktu 5,5 detik untuk akselerasi 0-100 kpj.

Untuk mendukung performa ganasnya tadi, didukung adaptive damper, suspensi depan Dual axis strut, suspensi belakang Multi-link rear, serta kemudi Dual Pinion EPS yang responsif dan stabil pada kecepatan tinggi.

Kemudi hatchback 4 pintu ini dilengkapi teknologi Dual Pinion Variable-ratio Electric Power-Assisted (EPS) Rack and Pinion Steering. Serta menghadirkan beberapa mode berkendara yaitu Comfort, Sport dan +R. Tak ketinggalan teknologi kunci mobil yang dinamakan Honda Smart Key Card menjadi perlengkapan standar.

All New Honda Civic Type R mempunyai kecepatan maksimal hingga 272 kpj

Baca Juga: Modifikasi Honda HR-V Bertabur Part Mugen Dan Honda Access

Faktor keselamatan juga terjaga, dengan adanya 8 Airbags yang terdiri Dual Front SRS Airbags, Side Airbags, Side Curtain Airbag dan Knee Airbags. Selain itu, All New Honda Civic Type R memiliki Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Rain Sensing Front Wipers, Walk Away Auto Lock, Auto Door Lock by Speed, Smart Key, Smart Entry System dengan Push Start Stop Button, Electric Parking Brake serta Auto Brake Hold.

Spoiler belakang menambahkan kesan sporty

Sistem pengereman All New Honda Civic Type R dilengkapi teknologi Anti-Lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). All New Honda Civic Type R juga telah memiliki Driver Attention Monitor, Rear Seat Reminder, dan Second Row Seat Belt Reminder.

Teknologi keselamatan Honda Sensing juga tersedia pada generasi terbaru dari All New Honda Civic Type R berupa Collision Mitigation Braking System (CMBS), Road Departure Mitigation (RDM) System, Forward Collision Warning (FCW) System, Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Keeping Assist System (LKAS), Lead Car Departure Notification System (LCDN) serta Auto High Beam Headlights (AHB).