POPULAR STORIES

Profil All New Subaru WRX

Profil All New Subaru WRX Subaru WRX tS A/T EyeSight. (Foto: Dedi/KabarOto)

KabarOto.com - Subaru akhirnya kembali membawa mobil sport ikoniknya ke pasar Indonesia, All New WRX hadir untuk masyarakat Tanah Air yang menginginkan mobil sport JDM namun masih nyaman digunakan keluarga.

Untuk All New WRX memiliki panjang 4.670 mm, lebar 1.825 mm, tinggi 1.465, dan sumbu roda 2.675 mm. Bobot mobil ini sendiri sekitar 1.604 kg, dan punya kapasitas bagasi hingga 414 liter.

Tampilan lebih agresif dan modern. Mulai dari ornamen airscoop yang sunguhan bolong dan mengarah langsung ke intercooler di ruang mesin. Lalu ada headlamp model baru, mengandalkan teknologi LED proyektor dan LED DRL dengan desain sporty serta fitur washer.

Ukuran grilnya cukup besar dengan bentuk segi enam, berwarna hitam doff. Begitu juga di bumpernya memiliki aksen warna hitam doff yang memberikan kesan crossover, dilengkapi foglamp LED multireflektor untuk membantu sistem penerangannya.

Baca juga: Subaru Boyong All New WRX, WRX Wagon, Dan Forester Explorer Package

Dari sisi samping juga mungkin nuansanya berbeda ketimbang WRX sebelumnya, karena aksen overfender sekeliling bodi dibuat warna hitam doff, membuatnya bukan seperti sebuah sedan sport, namun bisa dilihat ada ventilasi udara sungguhan agar bisa mengalirkan angin terperangkap di fender.

Dilengkapi juga pelek ukuran 18 inci lebar 8,5J model multipalang finishing hitam gloss, atau dual tone untuk tipe tS. Dibalut ban Dunlop SP Sport Maxx ukuran 245/40 R18. Sistem pengereman juga sudah menggunakan cakram di bagian depan dan belakang, dengan sistem suspensi model MacPherson di depan dan double wishbone di belakang.

Beralih ke belakang, Subaru telah memberikan ducktail sebagai aksesori bawaan. Serta diperindah stoplamp kombinasi LED baru yang modelnya sekilas mirip seperti BRZ, serta paling mencolok adalah diffuser di bagian bumper belakang ukurannya cukup besar memberi kesan gahar, apalagi dikombinasi tampilan quad knalpotnya.

Lanjut ke mesin, mobil ini mengandalkan mesin konfigurasi Boxer 4 silinder berkapasitas 2.400 cc turbo menghasilkan tenaga 275 dk dan torsi maksimal 350 Nm pada 2.000 rpm. Tenaga disalurkan menggunakan transmisi Subaru Performance Transmission (SPT) Lineartronic CVT 8 percepatan, atau manual 6 percepatan yang tersambung dengan sistem S-AWD. Soal performa untuk akselerasi dari 0-100 kpj mobil ini hanya butuh 6 - 6,1 detik, lalu kecepatan maksimal dibatasi hanya 215 kpj saja.

Melihat bagian interior perbedaan tipe biasa dan tS adalah penggunaan material pelapis jok, yakni fabric dan kulit berpadu suede, dengan bordir WRX di bagian headrest. Begitu juga adanya emblem STi di bagian setir, sementara sisa lainnya masih sama semuanya.

Mulai dari bagian jok sudah elektrik dengan memory seat di tipe tS, sementara versi manual belum. Lalu setir keduanya sudah dibalut kulit berikut fitur audio steering dan cruise control, namun versi tS punya paddle shift di balik setir.

Layar spidometer pun sama menggunakan kombinasi model jarum dan MID di tengah. Sementara headunit sudah cukup canggih dengan layar vertikal ukuran 11,6 inci yang bisa mengatur media yang terintegrasi Android Auto, menampilkan berbagai informasi misalnya temperatur air, udara luar, tanggal dan jam, hingga mengatur AC dual zone-nya.

Baca juga: Buruan Pesan All New Subaru WRX Dan WRX Wagon Stoknya Terbatas

Di bagian konsol tengah terdapat soket dua pengisian daya USB, dan Aux in, lalu untuk versi manual masih pakai rem tangan model tarik, sementara versi otomatis remnya sudah elektrik. Sedia juga dua buah cup holder, dan ruang penyimpanan tertutup.

Duduk di belakang juga masih cukup nyaman seperti menaiki sedan pada umumnya, terdapat tiga buah head rest, tapi kelengkapannya hanya ada soket 2,1A tanpa ada AC.

Soal fitur keselamatan mobil ini dibekali Subaru EyeSight sendiri mencakup fitur seperti Pre-Collision Braking, Autonomous Emergency Steering, Emergency Lane Keep Assist, Lane Departure Prevention, Lane centering Control, Preceding Vehicle Adaptive Steering Control, Adaptive Cruise Control, Reverse Automatic Braking (RAB), Subaru Rear Vehicle Detection, Blind Spot Detection (BSD), Lane Change Assist (LCA), dan Rear Cross Traffic Alert. Pada varian transmisi otomatis juga tersedia dengan opsi High Beam Assist.

Subaru WRX M/T ditawarkan dengan harga Rp 849,5 juta, sementara WRX tS A/T EyeSight dibanderol harga Rp 949,5 juta OTR Jakarta. Seluruh Subaru WRX yang dipasarkan melalui jaringan diler resmi Plaza Subaru, ditawarkan dengan Garansi 3 tahun atau 100.000 km, servis gratis 3 tahun atau 50.000 km, dan Subaru Roadside Assistance selama 3 tahun, yaitu layanan bantuan darurat.