POPULAR STORIES

Profil All New Subaru WRX Wagon

Profil All New Subaru WRX Wagon Subaru WRX Wagon (KabarOto/Deddy)

KabarOto.com - Jika Sobat KabarOto sedang mencari mobil sport namun bisa dipakai untuk keluarga, mungkin All New Subaru WRX Wagon adalah jawaban yang tepat.

All New Subaru WRX Wagon memiliki ukuran lebih panjang yakni 4.755 mm, namun lebar lebih pendek dengan 1.795 mm karena tidak memiliki overfender, tinggi 1.500, dan wheelbase 2.670 mm. Bobot mobil ini sendiri sekitar 1.629 kg, dan punya kapasitas bagasi hingga 1.430 liter.

Soal tampilan, sebenarnya bagian headlamp dan kap mesin masih sama dengan WRX biasa yang mengandalkan teknologi LED proyektor dan LED DRL dengan desain sporty serta fitur washer. Ukuran gril bentuk segi enam juga sama, hanya beda motif bolongan dan aksen krom.

Begitu juga di bumpernya, tampilan versi wagon dirasa lebih dapat diterima karena tidak ada aksen seperti ala crossover di WRX biasanya, serta tetap disematkan foglamp LED multi reflektor untuk membantu sistem penerangannya.

Baca Juga : Buruan Pesan All New Subaru WRX Dan WRX Wagon Stoknya Terbatas

Dari sisi samping, tarikan garis masih mirip, namun overfender absen di versi Wagon, diganti side skirt yang modelnya cukup sederhana. Dilengkapi juga pelek ukuran 18 inci model multipalang yang desainnya berbeda dari WRX finishing hitam polis, dibalut ban Yokohama BluEarth ukuran 225/45 R18.

Sistem pengereman juga sudah menggunakan cakram di bagian depan dan belakang, dengan sistem suspensi model MacPherson di depan dan double wishbone di belakang.

Lanjut ke belakang, Subaru telah memberikan spoiler kecil berikut high mount stoplamp. Serta stoplamp LED punya modelnya berbeda, di mana modelnya lebih pipih dan memanjang, lalu dipermanis aksen hitam yang menyatu dari setiap sisi.

Untuk desain bumper belakang lebih kalem di Wagon, dengan aksen ventilasi di setiap sisi, dan diffuser berikut finishing dual knalpot. Tidak hanya itu, di tipe tS bagasi punya fitur pembukaan Hands Free dan penutup power backdoor.

Soal mesin masih sama, mengandalkan mesin konfigurasi Boxer 4 silinder berkapasitas 2.400 cc turbo menghasilkan tenaga 275 dk dan torsi maksimal 350 Nm pada 2.000 rpm. Tenaga disalurkan menggunakan transmisi Subaru Performance Transmission (SPT) Lineartronic® CVT 8 percepatan, tersambung dengan sistem S-AWD.

Soal performa untuk akselerasi dari 0-100 kpj mobil ini hanya butuh 6,1 detik, lalu kecepatan maksimal dibatasi hanya 215 kpj saja.

Baca Juga : Subaru Boyong All New WRX, WRX Wagon, Dan Forester Explorer Package

Bagian interior tipe GT-S dan tS adalah penggunaan material pelapis jok, di mana tS menggunakan material kulit berpadu Ultrasuede, dengan logo STi di bagian headrest, joknya pun sudah elektrik dengan memory seat di tipe tS. Lalu setir ada emblem STi dan sudah dibalut kulit berikut fitur audio steering dan cruise control, serta paddle shift di balik setir.

Layar spidometer pun sama menggunakan kombinasi model jarum dan MID di tengah. Sementara headunit sudah cukup canggih dengan layar vertikal ukuran 11,6 inci yang bisa mengatur media yang terintegrasi Android Auto, navigasi menampilkan berbagai informasi misalnya temperatur air, udara luar, tanggal dan jam, hingga mengatur AC dual zone-nya.

Di bagian konsol tengah terdapat soket dua pengisian daya USB, dan Aux in, lalu untuk versi manual masih pakai rem tangan model tarik, sementara versi otomatis remnya sudah elektrik. Tersedia juga dua buah cup holder, dan ruang penyimpanan tertutup.

Duduk di belakang juga masih cukup nyaman seperti menaiki sedan pada umumnya, kelengkapannya hanya ada soket 2,1A tanpa ada AC. Dengan konfigurasi pelipatan bangku cukup unik yakni 40:20:40.

Logo di hearest STi.

Subaru EyeSight sendiri mencakup fitur seperti Pre-Collision Braking, Autonomous Emergency Steering, Emergency Lane Keep Assist, Lane Departure Prevention, Lane centering Control, Preceding Vehicle Adaptive Steering Control, Adaptive Cruise Control, Reverse Automatic Braking (RAB), Subaru Rear Vehicle Detection, Blind Spot Detection (BSD), Lane Change Assist (LCA), dan Rear Cross Traffic Alert. Pada varian transmisi otomatis juga tersedia dengan opsi High Beam Assist.

Soal harga Subaru WRX Wagon GT-S EyeSight® ditawarkan dengan harga Rp 975.500.000, lalu WRX Wagon tS EyeSight® dibanderol Rp 1.029.500.000. Seluruh Subaru WRX Wagon ditawarkan dengan Garansi 3 tahun atau 100.000 km, servis gratis 3 tahun atau 50.000 km tergantung mana yang tercapai lebih dahulu, dan juga Subaru Roadside Assistance 3 tahun, layanan bantuan darurat 24/7.