POPULAR STORIES

Profil All New Toyota Agya GR Sport

Profil All New Toyota Agya GR Sport All New Toyota Agya GR Sport (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - All New Toyota Agya GR Sport hadir untuk memenuhi kebutuhan konsumen mobil perkotaan yang memiliki performa mumpuni. Tidak masuk dalam segmen LCGC, varian GR Sport ini tidak hanya menawarkan ubahan dari eksterior dan interior, tapi juga performa berkendaranya.

Dari sisi eksterior, terlihat desain yang lebih sporty dengan tambahan aerokit dan pilihan warna dual-tone, bodi merah dan atap hitam atau bodi putih atap hitam. Lampu kabut didesain gaya vertikal dengan pembatas di bagian tengah.

Pelek 15 inci dual tone, ban menggunakan ukuran 185/55R15

Pelek Agya GR Sport berukuran 15 inci dengan warna dual tone, ban menggunakan ukuran 185/55R15. Spesifikasi ini lebih besar dibandingkan versi standarnya, yakni pelek 14 inci warna silver dan ban 175/65R14.

Dimensinya sama dengan versi standar, yakni panjang 3.760 mm, lebar 1.665 mm, tinggi 1.505 mm dan sumbu roda 2.525 mm. Daya angkut ditingkatkan dengan menambah panjang bagasi menjadi 610 mm.

Baca juga: All New Toyota Agya, Masih Produk LCGC?

Interior kemungkinan akan sama dengan versi standar, namun terdapat logo GR Sport di setir dan jok. Tuas transmisi dilapisi material kulit dengan jahitan warna merah.

Interior kemungkinan akan sama dengan versi standar, namun terdapat logo GR Sport di setir dan jok

Joknya punya pengaturan head rest, sehingga bisa disesuaikan agar semakin nyaman. Hadir pula panel instrumen TFT 7 inci dan head unit layar sentuh model floating. Seklias tampilan interiornya mirip dengan Toyota Raize.

Bicara kapasitas penumpang, masih dengan dua baris bangku. Hanya saja Toyota mengklaim kini kabinnya lebih luas. Lalu kapasitas bagasi juga tampak bisa memuat empat bagasi besar kalau jok belakang dilipat.

Aerokit membuat tampilan lebih sporty

Kelebihan All New Toyota Agya GR Sport terletak pada special tuning. Di mana, suspensi, setir, dan ban mendapatkan ubahan yang diklaim menjadikanya semakin stabil sekitar 15% saat bermanuver, terutama pada kecepatan tinggi.

Baca juga: Auto2000 Layani Tukar Tambah Toyota Agya Lawas Ke Baru

Menurut keterangan resmi Toyota, All New Agya GR Sport mewarisi DNA motorsports Toyota Gazoo Racing (TGR), ubahan dilakukan pada sistem suspensi dan EPS. Exclusive shock absorber dan coil spring diracik supaya sanggup memberikan daya redam lebih maksimal ketimbang model standar. EPS juga mendapatkan rasio roda gigi lebih rapat untuk membuatnya lebih lincah saat bermanuver. Sementara ban sport dipilih secara khusus mampu menambah traksi di jalan lurus dan menjaga daya cengkram di jalan berliku.

Di belakang terdapat logo GR Sport

Soal performa, All New Agya GR Sport dibekali mesin berkode WA-VE 3 silinder Dual VVT-i berkapasitas 1.200 cc. Bertenaga 86,7 dk pada 6.000 rpm dan torsi 112 Nm pada 4.500 rpm. Mesin tersebut dipadukan transmisi CVT diklaim lebih ringkas, kompak, efisien serta berpenggerak roda depan.

Performa mesin Toyota Agya generasi kedua diklaim meningkat 20 persen dibandingkan model sebelumnya, akselerasinya juga lebih responsif.

Performa dari 40-80 kpj, membutuhkan waktu 6,7 detik. Soal konsumsi BBM, Toyota Agya terbaru juga lebih irit. Untuk transmisi CVT, hasilnya adalah 21 kpl, sedangkan untuk Agya Gen-2 MT yaitu 21,7 kpl.