POPULAR STORIES

Profil Daihatsu Gran Max 1.5 Mini Bus

Profil Daihatsu Gran Max 1.5 Mini Bus Dok : Deddy KabarOto

KabarOto.com – Daihatsu baru saja merilis Gran Max teranyar tahun 2022. Ubahan dilakukan di beberapa sektor, namun memang dari eksteriornya khususnya bodi tidak mendapat ubahan.

Pihak Daihatsu juga telah menjelaskan kalau tidak diubahnya desain eksterior ini karena lebih memilih fungsional, dan di sini dibuktikan dengan versi terbaru ini.

Mini bus ini memiliki panjang 4.045 mm, lebar 1.665 mm, tinggi 2.005 mm dan jarak sumbu roda 2.650 mm. Desainnya mempertahankan model sebelumnya, dengan lampu utama dan lampu belakang masih mengandalkan teknologi halogen. Lalu ada tambahan beberapa aksesori lain, seperti spion dengan lampu sein, talang air, dan tambahan side body moulding.

Baca juga: Daihatsu Gran Max Baru Lebih Murah Perawatan Dan Gratis Biaya Servis 2 Tahun

Sementara di sisi samping, terdapat penggunaan pelek desain palang lima dual tone yang lebih modern, dengan ukuran 14 inci. Berbalut ban Dunlop SP LP30 A ukuran 165/65 R14, sehingga ground clearance-nya diklaim naik 15 mm, yang pastinya jadi jauh lebih aman melibas berbagai medan.

Ubahan paling besar ada di bagian kabin, desain dasbornya memiliki cup holder lebih banyak, yang sengaja ditempatkan di depan kisi-kisi AC agar minuman tetap dingin. Lalu di depan sisi penumpang pun disematkan tempat menyimpanan lain untuk meletakkan berbagai barang.

Selain itu, Gran Max ini mendapat setir baru yang desainnya mirip seperti Toyota Innova dan Fortuner generasi awal. Asyiknya sudah menggunakan elektronik power steering. Berbalut bahan jok kombinasi kulit sintetis dan fabric di tengah berwarna abu-abu.

Lalu disematkan juga head unit single din racikan Pioneer, sudah mencakup fitur radio dan USB. Bagian instrumen masih menggunakan spidometer model analog di tengah, dan bagian kiri suhu mesin, serta layar MID di sisi kanan. Sementara di bagian tengah ada pengontrol AC, dan jam digital.

Baca juga: Daihatsu Gran Max Terbaru Dapat Ubahan Minor

Mesinnya pun baru menggunakan kode 2NR-VE 4 silinder DOHC Dual VVT-I berkapasitas 1.500 cc. Tenaganya sedikit meningkat, membuatnya lebih responsif yakni 97 dk pada 6.000 rpm dan torsi mencapai 134 Nm pada 4.400 rpm. yang lebih irit sekitar 5%. Disambung ke transmisi manual 5 percepatan.

Untuk versi Mini Bus ini banderolnya sekitar Rp 213,8 jutaan. Lalu ada program menarik dari Daihatsu yakni 30.000 km atau 2 tahun gratis perawatan baik jasa dan suku cadang. Cukup isi bensin dan Gran Max bisa digunakan.