POPULAR STORIES

Profil Kia EV9 GT-line, Bodi Besar Banyak Kecanggihan

Profil Kia EV9 GT-line, Bodi Besar Banyak Kecanggihan Foto : KabarOto.com.

KabarOto.com - Kia Indonesia telah memperkenalkan mobil SUV premium berbasis listrik, Kia EV9 di GIIAS 2023. Dengan bentuk unik, dan segala kemewahannya, mobil ini langsung menarik perhatian konsumen di Tanah Air, lalu seperti apa spesifikasinya? Yuk kita bahas.

Dari dimensi, mobil ini memiliki panjang 5.015 mm, lebar 1.980 mm, dengan tinggi 1.780 mm. Sementara jarak antara sumbu roda 3.100 mm, serta bobotnya sekitar 2.615 kg.

Melihat bagian eksterior, bagian fasia menerapkan desain Digital Tiger Face, desain lekukannya tegas, dengan adanya Digital Pattern di grilnya, lalu lampu utama menggunakan LED proyektor, serta dipermanis LED DRL panjang menyatu ke bagian air dam bawah.

Baca Juga : Kia EV9 GT Line Dan EV6 GT Ramaikan GIIAS 2023

Sementara di bumpernya terdapat desain air dam, dengan detil semacam sepasang lubang intake, dan aksen semacam lips spoiler finishing abu-abu untuk menambah kesan modern.

Lanjut ke sisi samping, kesan bodi mengotak semakin tegas. Dengan aksen warna hitam glossy di bagian roofrail, pilar, cover spion, over fender, dan side body moulding-nya. Begitu juga aksen side skirt di samping berwarna abu-abu senada depan, serta ada door handle auto flush yang membuat pintu tampak rata saat tertutup.

Untuk bagian pelek, desainnya unik modelnya nge-block palang 4 dengan tertutup cover, sehingga bautnya tidak terlihat. Finishing-nya hitam, ukuran 21 inci dan ban 285/45 R21. Lalu sistem pengereman di depan dan belakang sudah menerapkan model cakram. Sementara sistem suspensi depan menggunakan MacPherson strut, dan belakang Multi-link.

Ke sisi belakang, terdapat spoiler yang membuat kesan jadi lebih agresif. Bagian bagasi juga terlihat rata dan bersih, menerapkan lampu belakang full LED menyala cantik dengan DWL (Dynamic Welcome Light). Sementara di bumper ada aksen hitam glossy menyatu sari fender samping, serta semacam underguard berwarna abu-abu melengkapi tampilannya.

Baca Juga : Profil Volkswagen All New Tiguan Allspace

Sektor penggeraknya menggunakan dua motor listrik, dengan total tenaga 283 dk dan torsi maksimal 700 Nm. Berpenggerak AWD, membuat akselerasi dari 0-100 kpj tuntas dalam 5,3 detik, sementara kecepatan maksimalnya 200 kpj. Kapasitas baterainya 99,8 kWh jarak tempuhnya 497 km.

Membutuhkan waktu sekitar 10 jam 45 menit melakukan pengisian daya AC, atau Wallbox Charging berkapasitas 11 kW, sementara hanya membutuhkan waktu sekitar 23 menit, menggunakan pengisian daya Ultra Fast Charging berjenis DC dengan kapasitas 250 kW.

Tampilan kabinnya pun cukup sporty dan mengkombinasikan berbagai fitur kecanggihan. Joknya berbalut bahan kulit, dengan pengaturan full elektrik, serta ada fitur pendingin, dan penghangat baik di jok, dan setirnya.

Posisi menyetir juga ergonomis karena pengaturannya lengkap. Di balik setir ada Panoramic Wide Display yang terbagi antara spidometer ukuran 12,3 inci, lalu layar pengaturan untuk AC 5 inci di tengah, dan layar entertainment 12,3 inci sudah terintegrasi Android Auto dan Apple Carplay. Terdapat juga fitur HUD (head up display), dan spion digital.

Tombol setup juga terdapat di bagian bawah layar entertainment yang tidak menampilkan apapun, sehingga terkesan lebih bersih. Selain itu, ada pengaturan AC juga di bagian bawahnya dengan tombol fisik.

Konsol tengah juga punya ruang yang cukup lega di bagian bawahnya, dan tempat penyimpanan tertutup, dengan fitur seperti rem parkir, auto hold dan lainnya juga ditempatkan di tengah. Serta ada ambient light hampir di seluruh bagian mempercantik tampilan kabin. Tidak lupa sistem audio mobil ini didukung oleh Meridian sebanyak 14 titik, dijamin kualitas suaranya lebih maksimal.

Di baris kedua, joknya punya konfigurasi captain seat, serta asyiknya sudah elektrik pengaturannya pun bisa hingga rebah, dan support di penopang kaki, serta ada fitur seperti kursi pijat yang dinamakan Relaxation Seat. Terdapat juga AC dan fungsi pengisian baterai smartphone.

Lanjut ke belakang masih cukup untuk dua orang dewasa. Serta penumpang belakang tetap mendapat ventilasi AC dan soket pengisian. Lalu pelipatannya pun dapat diakses secara elektrik melalui tombol di bagasi. Sementara soal kapasitas bagasinya sekitar 573 liter, lalu jika baris kedua dilipat jadi 1.233 liter. Lalu di bagian depan ada ruang penyimpanan 52 liter dengan maksimal bobotnya 20 kg.

Fitur keselamatannya pun sangat komplet setidaknya ada 10 airbag, Forward Collision Avoidance Assist 2, Lane Keeping Assist, Safe Exit Warning dan Assist, Blind Spot Monitor dan Collision Avoidance Assist, High Beam Assist, Intelligent Speed Limit, Driver Attention Warning, Smart Cruise Control, Highway Driving Assist 2, Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist, Parking Distance Warning, bahkan Remote Smart Assist 2 yang bisa parkir diagonal, dan lainnya.

Soal harga, Kia EV9 GT-Line secara resmi dipasarkan dengan harga Rp 1.975.000.000 OTR DKI Jakarta.