Profil Kia Sonet

Profil Kia Sonet Kia Sonet

KabarOto.com - PT Kreta Indo Artha (KIA) resmi memperkenalkan Kia Sonet untuk pasar Indonesia. Sport Utility Vehicle (SUV) terbaru dari Korea Selatan itu hadir dengan berbagai fitur modern. KabarOto berkesempatan merasakan impresinya.

Eksteriornya cukup sporty, terdapat lampu kabut di bagian bawah, head unit dan juga Day Runing Light-nya mengunakan full LED. Oh iya, DRL dan sein depannya jadi satu bagian dan serunya DRL bisa berubah fungsi menjadi sein.

Baca Juga: Kia Sonet, Compact SUV Berjubel Fitur

Menengok bagian samping, desain struktur unik pilar C, sedikit add-on warna hitam pada bagian pelek 16 inci yang memperkuat kesan SUV-nya. Bagian bawah mobil diberi pelindung plastik kelir hitam ini menyambung dari depan hingga bumper belakang.

Tampilan dashbor yang terlihat mewah

Satu hal yang baru pada mobil ini, dan belum ada di SUV yang ada di Indonesia adalah menyalakan mesin sekaligus pendingin kabin (AC) melalu remote. Untuk mengoperasikannya, tinggal tekan bagian tengah remote antara pembuka dan pengunci. Mesin akan menyala, diikuti dengan AC. Sehingga begitu masuk terasa udara sejuk dan tinggal menjalankan kendaraan.

Tempat duduknya dibuat bahan semi kulit yang nyaman, dan di bawahnya ada fan yang tidak membuat tempat duduk panas. Tidak terlihat memang, namun dapat dirasakan anginnya. Fungsinya, agar pegemudi dan penumpang di sampingnya tidak kepanasan saat menempuh perjalanan panjang.

Baca juga: KIA Seltos Jadi Primadona, Ini Peringkat Penjualannya

Head unit dengan layar sentuh berukuran 10,25 inci cukup membuat penumpang dan pengemudi menikmati hiburan yang dihadirkan. HU juga terintegrasi beragam konektivitas seperti smartphone, navigasi satelit dan sudah support Apple CarPlay dan Android Auto.

Sistem tata suaranya mengandalkan 7 speaker premium lansiran Bose, dipadu sound mood light untuk menghadirkan kualitas suara yang dinamis dan jernih.

Bagian panel instrumennya dibekali dengan ukuran layar 4,2 inci, menampilkan beragam informasi seputar kendaraan, kecepatan, bahan bakar, jarak tempuh dan mode berkendara. Tersedia fitur wireless charger, untuk menjaga kondisi baterai smartphone tetap terisi.

Lampu utama LED, DRL dan sein menjadi satu

Di belakangnya, ada hembusan angin yang membuat smartphone tidak panas saat dilakukan pengisian baterai. Lingkar kemudi dilengkapi beragam tombol yang berfungsi untuk mengontrol audio, juga untuk mengubah informasi pada layar MID.

Sebagai perlengkapan standarnya, SUV kompak ini sudah dibekali dengan sunroof.

Penumpang dengan tinggi 175 cm masih bisa leluasa untuk duduk di baris kedua, mobil ini ternyata memiliki head room dan leg room yang cukup lega. Saat KabarOto duduk, masih terasa lapang di area kepala ataupun kaki.

Sandaran kursi baris keduanya tidak terlalu tegak, masih dianggap wajar ketika saya duduk di kursi baris kedua.

Baca juga: 11 Mobil Listrik Kia Akan Sambut Era Kendaraan Elektrifikasi

Kia Sonet dilengkapi mesin 4 silinder, DOHC, berkapasitas 1.493cc, yang memiliki tenaga 113 dk dan torsi 144 Nm. Mesin ini punya pilihan transmisi manual 6 percepatan atau transmisi IVT (Intelligent Variable Transmission) dengan 8 virtual gear.

Kia Sonet memiliki tiga pilihan mesin, yakni mesin 1.200 cc bensin, 1.000 cc turbo (T-GDI) bensin, dan 1.500 cc diesel (CRDi).

Baca Juga: Kia Stinger Fastback, Incar Anak Muda

Menunjang keamanan dan kenyamanan, Kia Sonet sudah menerapkan beberapa fitur keselamatan seperti, airbag 6 titik, rem berteknologi ABS dengan EBD, Electronic Stability Control (ESC), Hill Start Assist, Vehicle Stability Management (VSM) dan Brake Assist (BA).

Lalu terdapat sensor parkir depan dan belakang, Highline tyre pressure monitoring system (TPMS), Auto head lamp dan jok sudah Isofix, lebih aman untuk yang ingin membawa jok bayi.

Sunroof

Kia kemungkinan akan bertarung dengan produsen asal Jepang dan Tiongkok yang sudah memasarkan produk-produknya di Indonesia.