Profil New MG ZS Activate, Tipe Terendah Masih Terasa Premium

Profil New MG ZS Activate, Tipe Terendah Masih Terasa Premium Foto : Deddy / KabarOto

KabarOto.com – MG mulai serius memasuki pasar mobil di Indonesia. Keseriusan itu mereka hadirkan lewat New MG ZS yang baru saja dirilis harganya kemarin, mulai dari Rp 269,8 jutaan. Apa saja yang bisa kita dapat dari trim terendah?

New MG ZS memiliki dimensi sekitar panjang 4.323 mm, lebar 1.809 mm, dan tinggi 1.628 mm. Dengan jarak antara sumbu roda 2.585, ground clearance sekitar 170 mm, bobot maksimalnya 1.290 kg, dan mampu menampung bensin hingga 48 liter.

Beruntungnya, New MG ZS tidak membedakan beberapa bentuk dari eksteriornya. Tampilan dinamis tetap sama dari trim terendah hingga tertinggi. Dari eksteriornya, tampilannya benar-berubah dari depan. Adanya lampu depan baru memberikan kesan futuristik, DRL LED baru desainnya sporty dan tajam, berikut projektor LED membuat sorotan lampu lebih fokus ke jalan.

Baca Juga : Harga New MG ZS Dijual Mulai Dari Rp269 Jutaan

Sementara desain bumpernya pun berubah, ukuran grill lebih kecil dari sebelumnya dipermanis aksen krom di sekeliling grill. Lekukan bumper depan pun diubah total, sekarang tampak lebih sporty dengan garis lekukan tegas, serta terdapat detail di bawah bumper demi memberi kesan SUV-nya.

Dari sisi samping tidak begitu banyak ubahan, hanya saja di spion tipe Activate tidak memiliki dudukan kamera 360 derajat. Overfender berbahan plastik hitam dengan aksen abu-abu juga masih tersemat sebagai ciri khas SUV.

Paling mencolok perbedaan antara tipe Activate dan Magnify ada pelek, di mana pelek Activate masih menggunakan ukuran 16 inci model palang lima V spoke finishing silver. Berbalut ban lansiran Maxxis Bravo HP ukuran 215/60 R16. Sistem pengeremannya pun telah mengusung cakram depan dan belakang.

Beralih ke belakang, MG berhasil menghadirkan desain lampu rem yang sangat indah, model LED-nya memberikan efek 3D, bentuknya agresif bercampur futuristik. Pembukaan bagasinya lewat logo MG di tengah pintu belakang. Serta bumper dibuat ulang sehingga tampilan belakang jauh lebih berkarakter, dengan aksen abu-abu, berikut lekukan semacam diffuser, dan finishing dual ouput muffler-nya.

New MG ZS dibekali mesin berkapasitas 1.498 cc, empat silinder segaris DOHC, menghasilkan tenaga maksimal 114 dk dan torsi maksimum 150 Nm. Disambung ke transmisi CVT dengan simulasi delapan percepatan.

Baca Juga : Toyota Corolla Cross Modellista Hadir Di Thailand, Hanya 250 Unit

Berlanjut ke kabin, perbedaan mendasar dari trim terbawah ini adalah penggunaan bahan pelapisnya. Jika tipe Ignite dan Magnify telah menggunakan kulit. Activate masih mengaplikasikan bahan fabric motif berpola berikut jahitan merah, namun jangan salah setelah diperhatikan untuk jahitan dan detil, mobil ini patut diacungi jempol, walau trim terendah ini belum mengaplikasikan fitur electric seat.

Bahan semi kulit dan sintetis motif karbon membalut bagian dasbor dan konsol tengah, sehingga tidak menggunakan bahan cetakan plastik keras. Di sisi doortrim ada akses tombol window lock, central lock dan power window empat pintu. Akomodasinya pun praktis, cup holder tersedia di setiap pintu, lalu dua di tengah, dan masih ada ruang penyimpanan untuk barang-barang seperti dompet dan handphone.

Untuk lingkar kemudi, kita akan mendapati desain cukup mewah karena sudah dilapis bahan kulit, asyiknya lagi model setir flat bottom seperti ala mobil-mobil sport. Lalu perintah suara, mengangkat telpon, dan audio steering switch sudah lekap terintegrasi. Activate masih memakai speedometer analog, dan layar informasi kecil, sementara tipe di atasnya sudah digital.

Pengaturan AC walau belum digital, namun tuas pengaturnya cukup keren karena kita tinggal menaik turunkan. Ada juga layar entertainment berukuran cukup besar 10,1 inci dengan akses Apple Carplay dan Android Auto di dalamnya, speaker siap memanjakan di keempat sisi dan tweeter di depan. Disediakan juga dual output charger, dan fitur electronic parking brake, serta tuas persnelingnya hadir eksklusif, dibalut kulit dan ada embos MG-nya.

Duduk di belakang juga cukup lega, masih ada ruang kaki cukup untuk orang dewasa dengan tinggi sekitar 170 cm. Penumpang belakang juga mendapat headrest, serta output charger dan tempat menaruhnya. Dilengkapi pula seatbelt tiga titik bagi setiap penumpang, dan kursi ISOFIX sehingga pastinya aman.

Walau tidak dijelaskan berapa kapasitas bagasinya, namun sudah ditataki dengan karper beludru, lalu bila ingin akses lebih besar, maka pelipatan jok dapat diatur 60:40 dan rata lantai. Terdapat separator juga untuk mengamankan privasi barang bawaan kalian.

Dengan harga Rp 269,8 jutaan bisa dapat medium SUV Eropa sekelas dan selengkap ini.Penawaran yang sangat menarik, atau mencoba lihat kompetitor lainnya?