POPULAR STORIES

Profil Savart S1, Motor Listrik Rakitan Sidoarjo

Profil Savart S1, Motor Listrik Rakitan Sidoarjo Foto : KabarOto.

KabarOto.com - Savart Motors, motor listrik yang 60% komponennya sudah dibuat, dan dirakit di Indonesia tepatnya di Sidoarjo, Jawa Timur. Motor ini pertama dikenalkan di ajang IMOS 2023 beberapa waktu lalu.

Pada awal pengenalannya, Savart merilis dua model yakni S-1 dan S-1P Insignia. Motor listrik lokal ini punya panjang 2.040 mm, lebar 747 mm, jarak sumbu roda 1.525 mm, dan bobot total sekitar 160 kg.

Baca juga: Profil Motor Listrik Savart S1 & S-1P Insignia Yang Dibanderol Rp42 Jutaan

Dibekali dua baterai Lithium Ion berkapasitas 72 V kapasitas 65 Ah. Tenaga motor listriknya pun besar yakni 18,7 dk dan torsi maksimal 250 nm. Berkat baterainya, Savart S-1 dapat melesat 0-60 kpj hanya dalam waktu 5 detik dengan kecepatan tertingginya pada 120 kpj.

Lalu Savart S-1 memiliki jarak tempuh 120 km. Namun kalau gunakan kecepatan rata-rata 60 kpj, jarak tempuhnya akan menyusut sekitar 110 km saja, rasanya cukup jika hanya digunakan untuk perjalanan dari rumah ke tempat kerja, atau kampus yang tidak terlalu jauh. Lalu bisa menanjak hingga sudut kemiringan 30 derajat.

Selain itu Savart juga menawarkan sistem lampu yang semuanya LED, lalu spidometernya full digital ukuran 7 inci, dan memiliki 3 mode berkendara, yaitu Eco, Normal dan Sport. Bahkan di tipe S-1P Insignia ada fitur fingerprint sensor untuk keamanan.

Baca juga: Menperin Tegaskan Sepeda Motor Listrik Perlu Standarisasi Baterai

Untuk pemesanan harus order dahulu sekitar 2-3 bulan. Banderolnya mulai dari S-1 tanpa baterai sekitar Rp 42 juta, sedangkan paling mahal S-1P Insignia sudah mendapat baterai Rp 58 jutaan. Swap baterai dapat dilakukan di outlet Planet Ban, dengan berlangganan.