Profil The New BMW M3 Competition

Profil The New BMW M3 Competition

KabarOto.com - BMW Indonesia baru saja meluncurkan 2 varian mobil sport-nya sekaligus, yakni The New BMW M3 Competition dan M4 Coupe Competition secara virtual.

Bagian yang paling mencolok adalah kidney-grill vertikal dengan kisi-kisi udara horizontal, fender yang lebar dan kisi udara pada apron depan dan belakang, atap yang terbuat dari carbon-fibre-reinforced plastic (CFRP) dengan antenna sirip yang dioptimalkan secara aerodinamis, spoiler belakang dan dua exhaust tailpipes khas BMW M.

Lampu depan LED Adaptif dengan BMW Laserlight hadir menjadi standar pada the new BMW M3 Competition Sedan. 3 pilihan cat eksterior baru juga tersedia, yakni Sao Paulo Yellow, Toronto Red metallic dan Isle of Man Green metallic.

BMW M Sport Seats yang baru, dikembangkan dan dapat disetel secara elektrik hadir dengan trim kulit fine-grain Merino dengan fitur ventilasi udara. Desain terbaru pada jok ini juga memberikan impresi sporty melalui elemen warna BMW M dan single-tone leather.

Baca juga: Resmi Meluncur Di Indonesia, Ini Harga The New BMW M3 Dan M4

Selain itu, mobil tersebut juga dilengkapi dengan M Carbon interior package yang meliputi tak hanya bagian interior trim dan central console, namun juga diperhalus hingga aplikasi pada bagian stir dan juga paddle shift.

Sistem kontrol dan display infotainment pada the new BMW M3 Competition Sedan punya BMW M Drive Professional, yang dirancang khusus untuk berkendara di sirkuit. Ini termasuk BMW M Traction Control dengan preferensi dan kebutuhan pribadi pengemudi.

Elemen lain dari BMW M Drive Professional adalah BMW M Drift Analyser, yang mencatat dan menilai statistik mengemudi dan BMW M Laptimer, yang mencatat waktu putaran dan informasi lain yang dihasilkan selama mengemudi di dalam sirkuit.

Baca juga: BMW Seri 2 Memulai Debut Di Goodwood Festival Of Speed

Paket M Drive Professional juga menghadirkan fungsi M Traction Control terbaru, yang dapat diakses di moda TRACK. Menu iDrive untuk sistem ini menampilkan 10 tahap slip roda yang diinginkan pengemudi.

Mobil ini hadir dengan Active Park Distance Control dengan sensor di depan dan belakang, Front Collision Warning with brake intervention dan Lane Departure Warning. Fitur Parking Assistant 2.0 yang dilengkapi dengan Surround View system, juga dengan Reversing Assistant hadir sebagai standar.

Selain itu ada juga 3-zone climate control, pencahayaan interior LED termasuk ambient lighting, dan sistem speaker Harman Kardon. BMW Live Cockpit Professional dan BMW Intelligent Personal Assistant, integrasi smartphone nirkabel yang diperbarui memungkinkan penggunaan Apple CarPlay dan Android Auto.

Tombol Setup di konsol tengah menyediakan akses langsung ke opsi pengaturan untuk mesin, sasis, kemudi dan sistem pengereman, Gear Shift Assistant, dan kontrol traksi. Dua konfigurasi yang disusun secara individual untuk setup kendaraan secara keseluruhan kemudian dapat disimpan dan dipanggil kembali secara instan setiap saat dengan menggunakan tombol M1-M2 di setir.

Panel kontrol di konsol tengah juga terdapat tombol Mode M sebagai standar. Ini dapat digunakan untuk menyesuaikan respons dan karakteristik sistem bantuan pengemudi.

Tampilan di kluster instrumen dan tampilan Head-Up Display untuk menghadirkan pengalaman berkendara yang sesuai dengan situasi yang dihadapi, lengkap dengan M-specific display, REV counter bar, dan display entertainment. Pengemudi dapat memilih dari pengaturan ROAD dan SPORT, dengan mode TRACK yang dikembangkan untuk sirkuit balap.

Adapun bracing yang dikembangkan khusus untuk kompartemen mesin, subframe as-roda depan, under-floor bracing di bawah, dan pada subframe as-roda belakang dengan sambungan langsung ke bodi, semuanya berperan dalam pengendalian mobil yang klaimnya dapat dikontrol secara presisi bahkan pada akselerasi ekstrim.

Adaptive BMW M-suspension adalah suspensi yang bisa dikontrol secara elektronik dan BMW M-specific kinematics dan elastokinematika untuk as-roda depan dan belakang adalah fitur standar the new BMW M3 Competition Sedan.

Adanya sistem kontrol traksi yang terintegrasi memungkinkan sistem DSC bekerja dengan presisi yang ditingkatkan. Juga, adanya BMW M Dynamic Mode memungkinkan pengalaman drifting yang terkontrol oleh komputer.

The new BMW M3 Competition Sedan dilengkapi pelek forged BMW M light-alloy Double-spoke style 825 M Bi-colour Jet Black burnished, dengan ukuran ban 19x9 inci di depan dan 20x10 inci di belakang. Kedua model ini menggunakan ban dengan ukuran 275/35 R19 di bagian depan dan 285/30 R20 di bagian belakang.

Mesin yang menggerakkan sports cars tersebut diklaim padukan karakteristik high-revving khas BMW M dengan teknologi BMW M TwinPower Turbo terbaru.

Dua turbocharger dengan sistem pendinginan Indirect Charge air-cooling, dan sistem direct-injection yang bekerja dengan tekanan maksimum 350 bar diklaim membantu menghasilkan tenaga instan dan siap untuk putaran tinggi tanpa interupsi.

Baca juga: Dikirim Dari Jerman, BMW Seri 4 Terbaru Bersifat Terbatas

Mesin yang menggerakkan BMW M3 Competition dan BMW M4 Coupé Competition terbaru punya torsi puncak 650 Nm dari 2.750 hingga 5.500 rpm. Tenaga yang dihasilkan mencapai 510 dk pada 6.250 rpm dengan red-line di 7.200 rpm.

Karakteristik mesin tersebut memberikan pengalaman berkendara yang sangat mengesankan. The new BMW M3 Competition Sedan membutuhkan 3,9 detik untuk berakselerasi dari 0 hingga 100 kpj dan dari 0 hingga 200 kpj hanya dalam waktu 12,5 detik. Sistem exhaust dilengkapi electronic-flaps untuk mengubah suara.

Sistem pendingin memastikan suhu yang optimal bertahan setiap saat untuk semua komponen mesin untuk berkendara sehari-hari dalam jarak pendek di dalam kota maupun lintasan balap. Modul pendingin terhubung dengan dua radiator high-temperature, oil-cooler kedua di apron depan, dan transmission-cooler.

Oil-sump memiliki dua chamber terpisah dan saluran hisap yang terintegrasi. Ini memastikan pasokan oli yang andal setiap saat, khususnya saat berakselerasi lateral dan longitudinal yang ekstrim.

Kedua kendaraan ini menyalurkan tenaga mesin dengan transmisi otomatis M Steptronic 8-percepatan dengan Drivelogic, yang memungkinkan gigi sepenuhnya otomatis dan perpindahan manual dengan tuas BMW M-specific di konsol tengah atau paddle shift di lingkar kemudi.

Pemilihan karakteristik perpindahan gigi dikendalikan menggunakan tombol Drivelogic yang terintegrasi pada tuas transmisi. Pengemudi dapat mengakses tiga pengaturan yang sangat berbeda dalam mode otomatis dan manual.