POPULAR STORIES

Puncak Arus Mudik Diprediksi Tanggal 7-9 April 2024, Masyarakat Dihimbau Berangkat Lebih Awal

Puncak Arus Mudik Diprediksi Tanggal 7-9 April 2024, Masyarakat Dihimbau Berangkat Lebih Awal Gerbang Tol Cikampek (Foto: Jasa Marga)

KabarOto.com - Mudik Lebaran sudah di depan mata. Di mana, Korlantas Polri menghimbau masyarakat tidak melakukan perjalanan secara serentak di tanggal yang diprediksi menjadi puncak arus mudik.

Lebih lanjut, Korlantas Polri juga menghimbau agar masyarakat berangkat lebih awal, sebelum terjadinya puncak arus mudik.

"Dari Korlantas, masyarakat sebaiknya mengatur atau mengelola asus mudik dan balik," ungkap Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Raden Raden Santoso dikutip dari Humas Polri.

Baca Juga: Sebelum Mudik Lebaran, Ini Tips Pengecekan Kondisi Mobil

Ilustrasi arus mudik tahun 2023

Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran 2024

Diprediksi tanggal 7,8, dan 9 April 2024 akan menjadi puncak arus mudik. Untuk itu, masyarakat diminta tidak melakukan perjalanan secara serentak pada tanggal tersebut.

Sebaiknya, untuk menghindari puncak arus mudik masyarakat melakukan perjalanan pada tanggal 3,4,5 April.

Selain itu, Dirgakkum juga menghimbau masyarakat yang ingin melakukan perjalanan mudik, harus mempersiapkan beberapa hal. Mulai dari kondisi fisik, kendaraan hingga saldo uang elektronik (e-Toll).

Baca Juga: Sebelum Mudik Lebaran, Bengkel Motor dan Mobil Ini Tawarkan Promo Ramadan

Persiapan Mudik Lebaran

"Kesiapan ranmor, kesiapan diri, termasuk saldo e-Toll harus sudah siap, dan mengutamakan keselamatan sesama pengguna jalan lainnya," jelasnya.

Jika pengendara merasa lelah, disarankan segera mencari rest area terdekat, dan tidak beristirahat di bahu jalan.

"Jika sudah lelah, ngantuk istirahatlah di tempat yang sudah disediakan seperti di Pospam, Posyan, dan rest area terdekat. Jangan istirahat di bahu jalan, khususnya di jalan Tol karena membahayakan," pungkasnya.