POPULAR STORIES

Punya Desain Unik, Ini Arti Dan Filosofi Livery 5 PO Bus Indonesia

Punya Desain Unik, Ini Arti dan Filosofi Livery 5 PO Bus Indonesia Bus PO Haryanto (dok.Instagram/@newarmada.official)

KabarOto.com - Setiap perusahaan otobus (PO) di Indonesia memiliki desain livery atau gambar yang unik pada setiap armada busnya, menjadi salah satu ciri khas tersendiri.

Bukan hanya sekedar tempel dan meramaikan bodi bus, livery yang disematkan oleh setiap PO pada seluruh armada busnya merupakan identitas dan memiliki arti serta filosofi mendalam bagi pemiliknya atau pendiri PO bus tersebut.

Baca Juga: Mewahnya Kabin Bus Double Decker Baru PO Kencana

Berikut ini setidaknya terdapat 5 PO bus Indonesia yang memiliki livery unik pada armada busnya lengkap dengan arti dan filosofinya.

PO Harapan Jaya – 8 Ekor Kuda Berlari

PT Harapan Jaya Prima atau PO Harapan Jaya memiliki desain livery yang unik pada masing-masing armadanya berupa gambar 8 ekor kuda berlari yang dinilai memiliki filosofi sangat dalam bagi pemilik perusahaan.

Bus PO Harapan Jaya (dok.Instagram/@harapanjayagallery)

Livery 8 ekor kuda berlari ini diambil dari filosofi Tiongkok, yaitu Ba Ma Jun Tu yang artinya delapan kuda yang penuh semangat dan salah satu sifat kuda baik tak akan memakan rumput yang sudah ditinggalkan.

Untuk itu, penyematan livery 8 ekor kuda berlari pada setiap armada busnya memiliki arti bahwa PO asal Tulungagung, Jawa Timur ini konsisten terhadap bisnis yang telah dirintis dan dijalaninya atau dengan kata lain, tak akan pernah mundur.

PO Haryanto – Wayang Bima

Livery unik lainnya ada pada PT Haryanto Motor Indonesia atau akrab dikenal dengan PO Haryanto yang memiliki livery khas di setiap armada busnya berupa gambar siluet dari salah satu tokoh pewayangan yaitu, Bima.

Bus PO Haryanto (dok.Instagram/@newarmada.official)

Diketahui, Bima merupakan sosok tokoh wayang asal Jawa yang dipercaya memiliki sifat kesatria yang gagah, berani, teguh, kuat, patuh, jujur, bijaksana, serta memiliki sifat yang menganggap derajat semua orang sama dan tidak mudah putus asa.

Kendati demikian sifat dari wayang Bima ini akhirnya ditanamkan oleh pemilik PO asal Kudus, Jawa Tengah ini agar semua orang bekerja di dalam perusahaannya memiliki sifat seperti Bima.

Baca Juga: Sejarah PO Rosalia Indah, Pemegang Rekor MURI Bus Double Decker Terbanyak

PO Safari Dharma Raya – 4 Ekor Gajah

Salah PO bus legendaris yaitu, Safari Dharma Raya yang sempat dikenal sebutan OBL (Oei Bie Lay) sejak tahun 1951 memiliki desain unik berupa adanya inisial OBL di setiap armadanya dan gambar livery empat ekor gajah.

Bus PO Safari Dharma Raya (dok.Instagram/@safaridharmasakti)

Inisial OBL jelas merupakan tanda dari cikal bakal PO asal Temanggung, Jawa Tengah ini. Namun, arti dari livery Gajah ini dimana binatang mamalia yang dikenal setia tersebut kerap dipercaya melambangkan kekuatan, kebaikan, dan kebijaksanaan.

Dalam hal ini diartikan PO Safari Dharma Raya selalu setia untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi penumpang. Empat ekor gajah melambangkan solidaritas dan kekompakan 4 putra-putri pendiri Safari Dharma Raya menjadi harapan mendasar dalam setiap langkah positif.

PO SAN – Tiga Siluet Pohon Kelapa

PO bus lainnya yang memiliki livery unik dan khas adalah PO Siliwangi Antar Nusa atau yang akrab disapa PO SAN. Dimana, setiap armada busnya terdapat livery tiga siluet pohon kelapa, meskipun sering tampil dengan warna-warna berbeda.

Bus PO SAN (dok.Instagram/@po_san_official)

Meski berbeda warna, livery tersebut tetap memiliki arti atau filosofi yang sama, dimana livery tiga siluet pohon kelapa ini digambarkan sebagai pohon yang kuat dan semua komponen pohon kelapa bisa bermanfaat dan dimanfaatkan.

Artinya, PO SAN yang berasal dari Kota Bengkulu ini telah memiliki misi dan visi untuk tetap konsisten dan dapat bermanfaat serta dimanfaatkan oleh para masyarakat pengguna tranportasi darat di Indonesia.

Baca Juga: 5 PO Bus Indonesia Ini Punya Trayek Terjauh, Sampai 3.000 KM

PO Mata Trans – Tokoh Pahlawan Nasional

Jika sebelumnya adalah PO-PO yang melayan trayek antar kota antar provinsi (AKAP), kali ini salah satu PO bus yang melayani perjalanan pariwisata yaitu, PO Mata Trans juga memiliki livery yang unik dan menarik.

PO Bus Mata Trans (dok.Instagram/@garasi_bus_adiputro)

Pasalnya, PO asal Karanganyar, Jawa Tengah ini memiliki livery yang khas berupa sekumpulan wajah dari tokoh-tokoh pahlawan nasional Indonesia mulai dari Presiden Ir. Soekarno, Jenderal Sudirman, Pangeran Diponegoro hingga B.J Habibie.

Penyematan livery tersebut merupakan bentuk penghormatan PT Mata Trans terhadap para pahlawan nasional yang telah berjasa kepada bangsa Indonesia. Untuk menarik pelanggan, bus Trans juga memiliki desain warna sangat mencolok.

Berita Terkait

Berita Terkait