POPULAR STORIES

Punya Mobil Matik, Jangan Lupa Ganti Oli Transmisi Secara Rutin

Punya Mobil Matik, Jangan Lupa Ganti Oli Transmisi Secara Rutin Merawat Mobil Bertransmisi Matik (Deni/Kabaroto)

KabarOto.com - Mobil bertransmisi otomatis saat ini populasinya cukup tinggi. Hal tersebut terbilang beralasan bila mengingat mobil matik lebih menawarkan kemudahan jika dibandingkan mobil bertransmisi manual.

Khusus untuk masyarakat yang tinggal di perkotaan, mobil matik memang menjadi salah satu pilihan untuk menghadapi padatnya lalu lintas di perkotaan. Namun, kepadatan lalu lintas perkotaan tersebut membawa dampak tersendiri bagi kendaraan bertransmisi matik.

Baca juga: Shell Luncurkan Pelumas Transmisi Mobil Otomatis Shell SPlRAX S5 ATF X

Untuk Anda pemilik mobil matik yang tinggal di perkotaan seperti Jakarta, setidaknya Anda harus lebih peka terhadap perawatan mobil kesayangan Anda. Khususnya pastikan komponen transmisi tetap dalam kondisi baik, terutama kondisi pelumasan pada transmisi mobil.

Perawatan Mobil Bertransmisi Matik
Perawatan Mobil Bertransmisi Matik (Deni/Kabaroto)

Chinto Adiputera, Supervisor Business Area Sales Department Retail Division Astra Otoparts menjelaskan, untuk para pengguna mobil harus selalu memastikan dalam kondisi prima, terutama rutin menjaga oli transmisi.

"Kalau punya mobil bertransmisi matik itu membutuhkan perhatian lebih, karena oli transmisi merupakan jantung dari mobil matik," ujar Chinto saat ditemui Kabaroto di Jakarta, Selasa (20/3/2018).

Chinto pun menjelaskan, saat ini masih banyak pengemudi yang menggunakan mobil dengan transmisi matik belum menyadari pentingnya perawatan oli transmisi. Pemilik cenderung hanya fokus pada pergantian oli mesin saja.

"Umumnya itu, pemilik kendaraan saat ini hanya fokus pada perawatan oli mesin. Padahal oli transmisi merupakan komponen penting untuk perawatan mobil matik. Untuk itu pergantian oli transmisi secara rutin wajib dilakukan," imbuh Chinto.

Tidak sampai di situ, Chinto pun menuturkan fungsi penting untuk melumasi komponen transmisi pada kendaraan oli transmisi. Karena oli transmisi pada mobil matik juga memiliki fungsi mendinginkan komponen-komponen transmisi agar tidak cepat aus.