Reinkarnasi Audi S1 Quattro Di Tim WRC Milik Mattias Ekstrom

Reinkarnasi Audi S1 Quattro di Tim WRC Milik Mattias Ekstrom

KabarOto.com – Pembalap kawakan Mattias Ekstrom mendirikan tim balap yang akan berlaga pada World Rally Championship (WRC) kelas WRC2 dan WRC3. Mengusung nama EKS JC, tim besutan mantan juara DTM ini akan mengandalkan reinkarnasi Audi S1 Quattro yang menjadi pelopor berpenggerak empat roda.

Turun di kelas pendukung, tim EKS JC ini akan bersaing dengan Toyota, Hyundai Ford, dan Citroen dengan menggunakan mobil berbasis Audi A1.

Baca Juga : Audi RS 3 LMS, Siap Ladeni Konsumen Bertarung Global

Untuk bisa bersaing, Ekstrom membangun mobil reli berspesifikasi Rally2 berbasis Audi A1 yang dibangun ulang oleh tim EKS JC untuk membangkitkan kenangan Quattro yang pernah meraih juara WRC pada 1982 dan 1984.

Dibantu oleh rumah modifikasi asal Afrika Selatan, Racing Technic. Tim EKS JC mengubah livery Audi A1 menjadi Quattro saat masa kejayaannya. Tapi, tetap mengikuti regulasi yang berlaku.

Menggunakan warna dasar putih beraksen kuning, kombinasi two-tone ini mengisyaratkan Auto Quattro. Selain itu, ada desain striping tiga warna khas Audi Sport pada bagian samping kap mesin dan aksen hitam pada pilar C.

Baca Juga : Audi E-Tron GT 2021 Resmi Meluncur, Ini Spesifikasinya

Mattias Ekstrom mengungkapkan bahwa saat generasi baru Audi A1 diluncurkan, dirinya tahu apa yang harus dilakukan terhadap mobil ini. "Mobil ini sudah siap, hanya soal penyetelan yang harus dilakukan."

“Saat ini, kami perlu untuk melakukakn pengetesan dengan kilometer tertentu untuk mengumpulkan informasi. Belum ada tanggal pastinya, namun bisa dipastikan mobil ini akan berlaga di beberapa kejuaraan,” ungkap Ekstrom.

Audi A1 versi rekli ini akan mengandalkan empat silinder 1,6 liter turbocharged bertenaga 263 dk. Mengikuti regulasi WRC2, mobil ini menggunakan transmisi sequential 5-percepatan dengan penggerak empat roda.