POPULAR STORIES

Rekomendasi Oli Samping 2-Tak, Pilih Sesuai Kebutuhan Mesin

Rekomendasi Oli Samping 2-Tak, Pilih Sesuai Kebutuhan Mesin Rekomendasi Oli Samping 2-Tak, Pilih Sesuai Kebutuhan Mesin (Kipli)

KabarOto.com - Meski terbilang sudah nyaris punah, namun peminat motor dengan sistem pembakaran 2 langkah atau 2-tak kian tumbuh semakin besar. Salah satu hal penting yang bisa dibilang 'nyawa' motor 2-tak tentu ada di bagian oli samping atau oli 2-tak yang berfungsi melumasi ruang bakar.

Berbeda dengan mesin 4-tak, motor 2-tak sangat bergantung pada pelumasan oli samping. Salah pilih, bisa bahaya ke mesin, apalagi untuk suku cadang motor yang tergolong langka, sudah bisa dibayangkan Sobat bakal dipaksa untuk rogoh kocek yang dalam hanya karena salah pilih pelumas.

Nah, oleh sebab itu, para ahlinya di bidang ini, memang menyarankan menggunakan oli samping yang sesuai dengan kebutuhan mesin, agar mesin tetap terawat maupun tidak sia-sia membeli oli samping yang terlampau mahal.

Baca Juga: Cuaca Panas Dan Macet Berdampak Pada Pelumas Mesin Mobil, Ini Penjelasannya

"Banyak sekali pilihan di pasaran, paling aman pakai yang kelas premium, biasanya pelumas yang full synthetic," buka Galuh Ibnu dari 2-Stroke Project, Tangerang Selatan.

Pilihan yang disebutkan pun diantaranya Castor 927, Ipone Samurai dan R2000, Motul 510 dan 800, Maxima K2 hingga dengan harga paling tinggi yakni Castrol A747. "Sebenarnya tergantung kebutuhan mesinnya saja, mas. Jadi kebutuhannya harian untuk kerja, sebenarnya pakai PTT yang semi-synthetic ya cukup saja, untuk motor-motor seperti Yamaha RX-King, Kawasaki Ninja, Yamaha F1ZR, atau Suzuki Satria," jelasnya.

Untuk harga, menurutnya bervariatif. Seperti Motul 510 yang dibanderol mulai Rp 100 ribuan, Ipone R2000 mulai Rp 180 ribu atau Castrol A747 yang mencapai Rp 400 ribu. "Harga lumayan bervariatif ya, tergantung penjualnya. Sekarang bisa dibeli online jadi harganya juga kompetitif," bebernya.

Baca Juga: Wealthy Edukasi Masyarakat Tentang Pelumasan Dan Sistem Pendingin Kendaraan Listrik

Senada dengan Galuh, Abdulah Rizky dari Jond Scooter Shop mengamini hal tersebut. Ia bilang, skuter 2-tak pun kerap menggunakan oli yang bervariatif, dari yang paling terjangkau hingga paling tinggi harganya.

"Kalau kebutuhan balap, pakai yang bagus, karena butuh pelumasan yang maksimal untuk performa. kalau untuk harian, pakai yang terjangkau juga tidak masalah, seperti Evalube Pro atau Idemitsu di kisaran Rp 50-60 ribuan. Yang jelas, ada harga ada rupa, kalau pakai pelumas mahal sering saya bongkar ruang bakar kerap dalam keadaan bersih, artinya oli bagus juga bisa dibilang perawatan mesin," tutupnya.