Remap ECU BMW Bisa Untuk Mesin Dan Transmisi

Remap ECU BMW Bisa untuk Mesin dan Transmisi Dok : Deddy KabarOto.com

KabarOto.com – Jika selama ini kita hanya tahu kalau remap hanya untuk mesin, ternyata di BMW, transmisi juga bisa di-remap lho. Tujuan remap sendiri adalah untuk meningkatkan respon mesin atau transmisi tanpa ubahan atau modifikasi.

Di Bimmercodingid, pemilik mobil BMW bisa melakukan remap, baik remap ECU untuk mengatur mesin maupun transmisi. Salah satu workshop yang bisa melakukannya adalah Bimmercodingid yang bermarkas di kawasan, BSD, Tangerang Selatan.

Nah, karena khusus mobil-mobil BMW, maka software remap untuk mesin yang dipakai adalah Bootmod3 dari Amerika Serikat, dan remap transmisi pakai xHP dari Austria.

Soal peningkatan tenaga jika remap ECU untuk mesin, masing-masing berbeda setiap tipe mobilnya. Biasanya Bootmod3 memberikan keterangan di websitenya soal peningkatan tenaga.

Baca juga: Begini Proses Cat Warna Two Tone BMW Seri 7

“Kalau masih Stage 1 itu untuk yang masih standar tidak ada modifikasi, tergantung bensin mau diatur apa, misalnya Ron 95/98 tapi perbedaannya tidak banyak sekitar 2% saja," jelas Ivan Sucipto Owner Bimmercodingid.

Lalu mapping Stage 2, untuk mobil yang beberapa part sudah diganti, misalnya intercooler hingga sistem knalpot full dari depan hingga ke belakang.

Bedanya BMW dengan mobil Jepang pada umumnya. Saat melakukan remap ECU mesin, baiknya diimbangi juga melakukan remap di bagian pengaturan transmisi, tujuannya agar perpindahan gigi akan lebih cepat dan torsi limiter dinaikkan sesuai tenaga mesin yang juga sudah meningkat.

"Karena kalau transmisi standar itu kan diatur hanya meng-handle torsi standar. Jadi sistem transmisi standar tidak tahu kalau torsi mesin sudah naik karena remap ECU, alhasil walau tenaganya naik, tapi karena transmisinya setelah standar terjadi seperti delay atau perpindahan transmisinya kurang cepat,” papar Ivan Sucipto.

Baca juga: Alpina XB7 Versi Elegan Dan Lebih Sempurna BMW X7

Selain perpindahan gigi yang terlambat, pada putaran mesin tinggi maka tenaga akan tertahan. Kalau remap transmisi ada Stage 1-4, limiter itu akan dihapus, bahkan tahan sampai 1.000 Nm. Asyiknya tidak seperti mesin yang harus ada komponen diganti, kalau transmisi tidak perlu sama sekali.

Remap ECU mesin mulai dari Rp 10 jutaan, sementara transmisi Rp 4,5 jutaan, tergantung mobil. Namun jika kalian mau tes dyno sekalian akan ada tambahan biaya tentunya.