Renault Arkana, SUV Coupe Murah Yang Sporty

Renault Arkana, SUV Coupe Murah yang Sporty Foto: Renault

KabarOto.com – Renault di Rusia telah menjual Arkana, satu-satunya pasar di seluruh dunia yang mendapatkan model baru ini. Renault Rusia telah menjualnya sejak 5 Juli 2019.

Arkana merupakan SUV coupe dari Renault yang menggabungkan desain anggun, coupe yang sporty dan SUV yang kokoh. Mobil ini mampu menarik semua orang saat diluncurkan pertama kali di Moscow Motor Show tahun 2018.

Baca juga: Dibanderol Kurang Dari Rp200 Juta, Ini Spesifikasi Renault Triber

Pada eksterior terdapat atap yang miring mencerminkan kesan coupe, bumper yang ekspresif, krom pada door-handle dan di sekitar jendela, serta lampu LED dengan bentuk C-Shape. Desain ini mencerminkan khas Renault yang elegan, sekaligus sporty berkat pelek 17 inci.

Ingin tampil sebagai SUV, Arkana punya ground clearance 208 mm, cukup tinggi mengingat tampilannya yang ala coupe. Pun didukung approach angle sebesar 180 dan departure angle 250. Cocok bagi yang ingin berpetualang ke camping ground.

Baca juga: Renault Megane RS Trophy Si Penakluk Nurburgring

Interior dari Arkana sangat menyenangkan dengan berbagai teknologi baru yang disematkan, misal head unit layar sentuh berukuran 8 inci memiliki fitur Easy Link yang mendukung fungsi Android Auto, Apple CarPlay dan Yandex Auto.

Fitur tersebut mempermudah pengemudi maupun penumpang dalam mengoneksikan konten yang ada di gawainya ke head unit. Keluaran suaranya menggunakan sistem audio dari Bose, sehingga menghasilkan suara berkualitas tinggi yang menyenangkan.

Terdapat pula teknologi Multi-Sense yang memberikan pengemudi 3 mode berkendara yakni Eco, Sport dan MySense. Uniknya, terdapat lampu LED dengan 8 pilihan warna untuk suasana di interior makin nyaman, yang bisa dipilih sesuai selera.

Bagaimana dengan dapur pacunya? Arkana menggunakan mesin bensin Tce 150 baru yang membuat debut pertamanya di pasar Rusia. Mesin tersebut berkapasitas 1.300 cc Turbocharged, yang menghasilkan tenaga 150 dk dan 250 Nm.

Mesin tersebut terhubung dengan girboks X-Tronic CVT, dengan opsi teknologi smart All Mode 4x4-i 4-wheel drive system, demi memastikan pengendalian dengan traksi yang optimal. Pada mode ini, Arkana akan punya 3 mode berkendara, yakni 2WD, Auto dan Lock.

Baca juga: Renault Koleos Versi Maxindo Indonesia Resmi Meluncur, Ini Tipe & Harganya

Bagaimana dengan harganya? Dilansir dari carscoop.com, untuk mendapatkan Arkana sekitar Rp 225 juta. Cukup murah karena mobil yang dijual di pasar Rusia ini diproduksi secara lokal di Rusia termasuk komponen mobil yang disematkannya. (Nora Dian Pratama)