Reparasi Pelek Rusak, Bikin Lebih Menarik Dari Aslinya

Reparasi Pelek Rusak, Bikin Lebih Menarik dari Aslinya

KabarOto.com - Pelek dengan finishing high polish memang menarik untuk dilihat jika kinclong. Nah, musim hujan ini bisa dimanfaatkan Sobat KabarOto untuk merawat pelek kesayangannya agar tetap menawan dan enak dipandang.

“Finishing high polish itu mengembalikan warna dasar peleknya. Biasanya dilakukan kalau pelek mobil sudah grepes atau sempat terjadi benturan sebelumnya,” buka Willy Mohammad punggawa F*ck Wheel Dude (FWD).

Baca juga: Pelek Peyang Karena Hantam Lubang? Begini Reparasinya

Mengembalikan kondisi pelek aftermarket meski tidak seutuhnya terlihat baru cara ini masih banyak digunakan. Ia pun kerap menerima pelek dengan kondisi baret atau grepes akibat menghantam trotoar.

“Kalau sudah begitu, kalau di repaint hasilnya jelek, nantinya jadi kayak kulit jeruk. Opsi yang paling direkomendasikan ya high polish saja. Saya jamin bengkel lain pun begitu, karena mengembalikan tampilan pelek sama persis seperti pabrikan sekarang belum bisa dilakukan,” ujar Willy.

Selama menjalani proses high polish, pertama-tama pernis pelek aftermarket diangkat menggunakan soda api, lalu seluruh permukaan pelek mulai digosok mengunakan ampelas secara bertahap. Dari mulai memoles dengan ampelas 50 sampai 2000.

“Bisa juga lebih oke dengan proses plating dengan cara dicelup. Pakai cairan yang sama kayak buat krom tapi sudah ada varian warnanya,” terang Willy.

Baca juga:Bagaimana Cara Merawat Transmisi Otomatis?

Ia bilang, pemeliharaanya sendiri dapat dilakukan secara mandiri dengan cara menggosok metal polish pada permukaan pelek. Adapun dua proses finishing pelek aftermarket tersebut dibanderol dengan harga Rp 800 ribu hingga Rp 1,5 juta untuk high polished. Sedangkan chrome plating dibandeol mulai Rp 2,5 juta hingga Rp 5 juta tergantung ukuran ring pelek.