Resmi! Franco Morbidelli Gabung Ke Yamaha MotoGP, Dovizioso Jadi Tandem Rossi

Resmi! Franco Morbidelli Gabung ke Yamaha MotoGP, Dovizioso Jadi Tandem Rossi Sumber Foto : Yamaha & Petronas SRT

KabarOto.com – Pabrikan MotoGP tim asal Jepang, Yamaha telah resmi mengumumkan Franco Morbidelli untuk naik ke tim pabrikan di sisa musim 2021 hingga 2023 mendatang.

Pada Kamis (16/9) waktu setempat, pabrikan berlogo garpu tala itu akhirnya resmi mengikat kontrak dengan Morbidelli, sekaligus menyatakan bahwa sang pembalap akan kembali di seri GP San Marino akhir pekan ini, (19/9).

“Saya sangat puas dan senang menghadapi akhir pekan ini. Babak baru yang sangat dinanti dengan pabrikan Yamaha. Saya sudah berusaha untuk pulih demi tahap akhir kejuaraan ini. Saya ingin kembali balapan yang saya kenal baik dan memiliki kenangan indah di Misano,” ungkap Franco Morbidelli.

Baca Juga : MotoGP Malaysia 2021 Resmi Dibatalkan, Misano Siap Gelar Double-Header

Sebelumnya, muncul rumor bahwa Morbidelli akan naik ke tim pabrikan. Namun, karena pembalap bernomor 21 itu sedang dalam masa pemulihan cedera lutut. Pihak tim berlogo Garpu Tala itu memutuskan menunda pengumuman sambil menunjuk Cal Cruthclow sebagai pengganti sementara Maverick Vinales.

Dalam tiga tahun terakhir, pembalap dengan sapaan Franky itu sudah memperkuat tim Petronas SRT, usai sukses merengkuh gelar juara Moto2 pada 2017 lalu. Walaupun menggunakan motor satelit, Morbidelli mampu tampil kompetitif dan mengamankan posisi runner-up MotoGP 2020. Bahkan, Franky mampu mengungguli rekan satu timnya saat itu, Fabio Quartararo yang di awal musim menjadi penantang kuat untuk meraih gelar juara.

Selain Morbidelli, Andrea Dovizioso juga comeback di MotoGP San Marino usai teken kontrak dengan Petronas SRT pada Kamis (16/9). Dovi telah resmi menjadi pembalap tim satelit Yamaha tersebut untuk sisa 2021 hingga 2022 mendatang.

Tentu, pembalap jebolan Ducati itu akan mengisi posisi kosong ditinggalkan oleh Morbidelli yang dipromosikan ke tim Garpu Tala itu. Tentu saja, kabar ini sangat menggembirakan bagi penggemar MotoGP bisa melihat kembali pembalap runner-up tiga kali di kelas utama kembali balapan bersama Valentino Rossi.

Baca Juga : Michelin Menjadi Pemasok Ban Utama MotoGP Hingga 2026

Hadirnya Dovi ke Petronas SRT diharapkan bisa membantu tim asal Malaysia itu untuk mengakhiri musim 2021 lebih baik. Walaupun, dirinya bakal menjajal YZR-M1 peninggalan Morbidelli.

Andrea Dovizioso resmi perkuat Petronas SRT

“Kami sangat senang dengan keputusan kolektif antara Yamaha dan Petronas Yamaha SRT untuk menyambut Andrea Dovizioso mulai GP San Marino dan seterusnya hingga akhir tahun. Jelas dia adalah pembalap yang bertalenta dan benar-benar dihormati dan kami senang melihatnya kembali ke MotoGP usai cuti panjang dengan menggunakan seragam kami,” ungkap Razlan Razali selaku Prinsipal Petronas SRT.

Usai teken kontrak, Dovi mengaku kembali ke MotoGP musim ini di luar rencananya. Tetapi, ia memang tidak pernah menutup pintu dan bersyukur mendapatkan kepercayaan dari Yamaha dan SRT. “Saya tidak menduga bisa kembali ke MotoGP tahun ini. Saya senang dan ingin mencoba suasana baru dengan tim baru saya ini,” ungkap Andrea Dovizioso.