POPULAR STORIES

Review Kaca Film Motoshield Pro Terbaik Versi Forbes

Review Kaca Film Motoshield Pro Terbaik Versi Forbes Dok : Deddy KabarOto

KabarOto.com – Kaca film sudah menjadi salah satu kebutuhan di mobil yang wajib ada. Selain menolak panas dengan iklim tropis di Indonesia, kaca film juga punya manfaat sebagai menjaga privasi di dalam mobil.

Beberapa waktu lalu tim KabarOto sempat menjajal merek kaca film baru di Indonesia. Namun di Amerika Serikat merek ini sudah diakui oleh majalah Forbes sebagai kaca film terbaik, yakni Motoshield Pro varian Ceramic.

Motoshield Pro sendiri masuk ke pasar Indonesia melalui TDA Luxury Toys. Menawarkan berbagai keunggulan seperti penolak panas maksimal, mencegah sinar UV yang tidak baik bagi kulit dan permukaan interior hingga 99%, penolak infra merah 99%, tidak mengganggu sinyal smartphone dan navigasi, tidak mudah pudar, menjaga privasi, namun tetap visibilitas jelas saat malam hari.

Baca juga: TDA Luxury Boyong Kaca Film Motoshield Pro Ke Indonesia

KabarOto akan mencoba review impresi setelah sekitar 4 minggu pemasangan kaca film ini. Mulai dari pemasangannya, tim dari Motoshield Pro cukup cepat, baik dari pelepasan kaca film lama hingga pemasangan yang baru, hanya butuh waktu sekitar 2 hingga 2,5 jam di mobil Honda Jazz GK5. Standar operasional pemasangannya pun cukup rapi, karena setiap trim di pintu ditutup kain agar doortrim tidak basah saat kaca disemprot air.

Sebelumnya tim KabarOto menggunakan kaca film bawaan pabrikan Honda untuk Jazz GK5, dengan kegelapan 40% di depan, sementara sekelilingnya 60%. Walau untuk kegelapan, dan visibilitasnya cukup baik.

Namun efek tolak panasnya dirasa masih kurang, apalagi ketika kondisi panas terik, dengan kondisi AC menyala pun saat tangan didekatkan ke jendela maka ada rasa panas yang tembus.

Sementara kaca film Motoshield Pro ini, tingkat kegelapan 20% di depan, dan 60% sekelilingnya. Untuk kegelapan, Motoshield Pro terasa lebih gelap dibanding kaca film sebelumnya dengan tingkat yang sama. Agak sulit melihat ke bagian kabin dari luar bahkan pada siang hari, ini tentu bagus menjaga privasi.

Sementara tingkat 20% memang lebih terang sedikit, namun bisa dibilang kegelapannya hampir mendekati 40% kaca film sebelumnya.

Soal tolak panas, jika mobil terjemur dengan waktu lama, pastinya kabin akan tetap terasa panas, jangan berekspektasi kalau kaca film bisa membuat kabin terasa adem setelah berada di bawah terik matahari.

Namun perbedaan paling terasa ketika cuaca terik, dengan keadaan AC menyala, panas mungkin sedikit terasa dari kaca depan karena menggunakan 20%, dan rasanya hampir sama seperti sebelumnya yang kegelapannya 40%.

Tetapi jika dirasakam dari sisi samping, maka panasnya tidak terasa sama sekali, dengan tingkat kegelapan yang sama. Memang KabarOto tidak mengukur secara pasti menggunakan pengukur suhu, namun untuk penggunaan sehari-hari kaca film ini benar-benar membuktikan bahwa kualitasnya pantas diakui oleh majalah Forbes.

Baca juga: Replika Mobil Sultan Amalgam Collection Bisa Dipesan Lewat TDA Luxury Toys

Lalu proses agar benar-benar kering sempurna dari Motoshield Pro ini memakan waktu sekitar 2 minggu. Selama dari pemasangan hingga proses 2 minggu, maka kaca jendela mobil kalian agak tampak berkabut, jangan khawatir karena hal ini wajar, lama-kelamaan kaca akan jernih seperti biasanya.

Privasi tetap terjaga, walau dibawah lampu.

Ketika malam hari, visibilitas juga tidak terganggu sama sekali untuk di bagian depan, bahkan lebih jernih ketimbang sebelumnya. Sementara di samping dan belakang, memang lebih gelap dari sebelumnya, namun visibilitasnya tetap terlihat jelas. Namun perlu diingat pada masa curing, maka visibilitas saat malam hari akan terganggu karena kaca tampak berkabut.

Lalu soal sinyal handphone dan navigasi, Sobat KabarOto tidak perlu khawatir. Karena tidak ada masalah sama sekali, semuanya lancar, baik di tol bahkan di gedung parkir masih mendapat sinyal.

Tampilan warna kaca film Motoshield Pro Ceramic hitam, sehingga terkesan lebih elegan.

Dengan ketebalan 2 mm, Motoshield Pro tipe Ceramic ini dibanderol mulai dari Rp 4,2 - 4,6 jutaan, dan bergaransi 5 tahun, sehingga apabila ada cacat pemasangan seperti terlipat, atau tergores saat pemasangannya, akan diganti baru tanpa biaya.

Untuk pemesanannya Sobat KabarOto bisa hubungi langsung ke sosial Instagram @motoshieldpro.id. Bagaimana, tertarik jajal kaca film terbaik Amerika Serikat?