POPULAR STORIES

Di 2 Titik Penyekatan Larangan Mudik DKI Jakarta, Ribuan Kendaraan Memutar Balik

Di 2 Titik Penyekatan Larangan Mudik DKI Jakarta, Ribuan Kendaraan Memutar Balik doc. Polri

KabarOto.com - Larangan mudik sudah bukan wacana lagi, pemerintah bersama instansi terkait sudah memberlakukan kebijakan terkait hal ini. Terhitung mulai Jumat (24/4) hari pertama bulan ramadan, Ditlantas Polda Metro Jaya mulai melakukan penyekatan.

Dilakukan mulai 00.00 WIB, penyekatan dilakukan di dua titik yaitu di Tol Bitung, Tangerang dan Cikampek, Jawa Barat. Sampai pagi tadi tercatat sudah 1.181 kendaraan yang diputar balikkan.

Baca Juga: Update! 18 Titik Penyekatan Larangan Mudik Tersebar Di Jabodetabek

"Sebanyak 498 kendaraan memutar balik di Bitung dan 683 kendaraan di Cikarang," ujar Kombes Pol Yusri Yunus Kabid Humas Polda Metro Jaya.

Ilustrasi penyekatan

Perlu diingat bahwa larangan mudik sudah resmi diterapkan mulai Jumat hari ini (24/4). Langkah ini dilakukan demi memutus rantai penularan virus Corona atau Covid-19. Ops Ketupat 2020 akan dilakukan mulai 24 April hingga H+7 Lebaran.

Sebelumnya, Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati sudah menjelaskan bahwa terhitung mulai tanggal 24 April 2020 pukul 00.00 WIB, masyarakat yang masih nekat melakukan mudik akan diminta untuk kembali ke asal wilayah keberangkatan.

Baca Juga: Dilarang Mudik, Ini Persebaran Titik Penyekatan Jawa Timur

Saat ini baru diberlakukan imbauan, namun mulai tanggal 7 Mei 2020 nanti pemerintah akan memberikan sanksi dan denda penuh kepada masyarakat yang masih mencoba untuk mudik.