POPULAR STORIES

Sandiaga Uno Minta Pihak Mandalika Kaji Ulang Soal Hapus Agenda Balap WSBK

Sandiaga Uno Minta Pihak Mandalika Kaji Ulang Soal Hapus Agenda Balap WSBK Sandiaga Uno Minta Pihak Mandalika Kaji Ulang Soal Hapus Agenda Balap WSBK (KabarOto)

KabarOto.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno meminta PT Aviasi Pariwisata Indonesia atau InJourney, melakukan kajian menyeluruh soal rencana penghapusan ajang balap motor World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika.

Sandi berpendapat bahwa kawasan Mandalika tidak hanya bergantung pada penyelenggaraan WSBK dan MotoGP saja, tapi memungkinkan untuk menciptakan agenda baru berkelas internasional.

Baca Juga: Sirkuit Mandalika Tinggalkan Jejak Utang Hingga Triliunan Rupiah

"Terkait penyelenggaraan, itu business to business (b to b) apabila penyelenggaraan itu dilakukan dengan penuh profesionalisme dan perhitungan yang tepat, karena di WSBK, MotoGP pada 2022 itu kami pemerintah yang membayar, Kemenparekraf yang membayar saat itu,” katanya.

"Jadi ini yang nanti perlu dikaji secara menyeluruh, karena dengan adanya event lebih banyak di Mandalika kita harapkan justru Mandalika semakin tumbuh dan berkembang," lanjut Sandi.

Baca Juga: Piaggio Indonesia Gelar Trackday Aprilia Di Sirkuit Mandalika

Sebelumnya, sirkuit Mandalika, NTB memiliki utang membengkak yang harus dipikul oleh pihak terkait. PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney membahas soal utang sebesar Rp 4,6 triliun akibat pembangunan Sirkuit Mandalika, utang tersebut dikonfirmasi Direktur Utama InJourney, Donny Oskaria, dalam rapat kerja (raker) dengan Komisi VI DPR RI (14/06).

Donny mengatakan, nominal utang terbagi atas dua termin pembayaran yakni short term atau utang jangka pendek senilai Rp 1,2 triliun dan long term atau utang jangka panjang sebesar Rp 3,4 triliun.