Satu Setengah Dekade Tak Berjumpa, Akhirnya Pecinta Mazda B600 Nostalgia

Satu Setengah Dekade Tak Berjumpa, Akhirnya Pecinta Mazda B600 Nostalgia Mazda B600 (Foto: Wandha/KO)

KabarOto.com - Beberapa waktu lalu pada (16/11) anggota komunitas pecinta Mazda B600 berkumpul kembali. Bertempat di kediaman Bei Budiono di BSD, Serpong sekitar 10 mobil yang dikenal sebagai Mazda kotak sabun ini berkumpul. Tak terasa, ternyata sudah 15 tahun pecinta Mazda B600 ini tidak berkumpul.

"Ini merupakan sarana bertemu para pecinta, penggemar, sekaligus pelestari spesies Mazda B600 yang diproduksi tahun 1960-1965," jelas pria yang kerap disapa Pakde Bei.

Untungnya, teknologi semakin berkembang. Walaupun sebelumnya belum sempat berkumpul secara tatap muka, setidaknya melalui media sosial chatting mereka dapat berkomunikasi. Berkumpulnya para pecinta Mazda B600 seolah membuka kesempatan bernostalgia mengingat proses memiliki Mazda kotak itu.

Baca Juga: Begini Cara Merawat Mobil Klasik Nan Antik

Salah satu cerita datangnya dari Dewi Asmi, pemilik Mazda B600 tahun 1964. Beliau juga merupakan satu-satunya perempuan yang ada di komunitas ini. Kepada KabarOto Dewi bercerita bahwa ia memiliki Mazda kotak yaitu hasil dari ngidam anak ke-tiganya.

"Gara-gara waktu itu lihat orang besar-besar naik mobil kecil, lagi macet, terus enak aja gitu naik ke trotoar. Itu yang membuat ingin cari mobil kecil. Alhamdulillah sesusai sama yang pertamak kali dilihat, ternyata Mazda B600," ceritanya.

Sayangnya, saat mendapatkan mobil itu kondisinya sudah kurang baik. Namun, masih bisa dibawa ke bengkel untuk diperbaiki dan renovasi.

"Ini kelebihannya, walaupun kondisinya kita pakai busi tinggal satu tai masih bisa nyala. Kalau mobil lain mungkin sudah tidak ya," tambahnya.

Baca Juga: Segini Biaya Yang Dibutuhkan untuk Pasang Teknologi Listrik di Motor Klasik

Dewi bergabung dengan komunitas Mazda B600 sejak 2001/2002. Sementara komunitas ini sudah terbentuk sejak tahun 1990-an. Ternyata, adanya komunitas sesama pecinta mobil dengan tipe yang sama memudahkan perawatan. Pasalnya mereka bisa saling bertukar informasi terkait spare part, bengkel, dan lainnya.

Di kesempatan ini juga, Pakde Bei beserta anggota komunitas lainnya menyempatkan membuat video YouTube untuk mengajak para pecinta dan penggemar Mazda B600 bergabung.

"Semoga banyak yang nonton, jadi orang-orang yang suka selain di Jakarta dan sekitarnya bisa tahu kalau kita ada komunitasnya. Jadi bisa lebih mudah bertukar informasi dan semakin besar komunitasnya," tutup Dewi.