POPULAR STORIES

Sebanyak 33 Ribuan Pelanggar Lalu Lintas Terekam Kamera ETLE Polda Jawa Tengah

Sebanyak 33 Ribuan Pelanggar Lalu Lintas Terekam kamera ETLE Polda Jawa Tengah Kamera ETLE diletakkan di beberapa ruas jalan (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Polri saat ini menggunakan Electronik Traffic Law Enforcement (ETLE) untuk menindak pengguna jalan yang melanggar lalu lintas. Ribuan kamera ETLE ini sudah di pasang di beberapa Polda.

Dari ke-3 Kepolisian Daerah, Dirlantas Polda Jawa Tengah mendapat nilai tertinggi, dalam program Electronik Traffic Law Enforcement (ETLE) Nasional Presisi 2021.

Nilai yang dicapai Ditlantas Polda Jateng dari bidang jumlah verifikasi terbanyak, jumlah pelanggaran terkonfirmasi terbanyak, denda dibayarkan tertinggi, dan pembayaran Briva tertinggi.

Baca juga: Korlantas Polri Akan Pasang 166 Kamera ETLE Di 3 Polda Dan 4 Polresta

Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol. Agus Suryonugroho mengatakan, Polda jawa Tengah sudah mempunyai ribuan kamera ETLE Nasional Presisi di seluruh Polres jajaran.

Polri fokus menggunakan kamera ETLE untuk menindak pelanggar lalu lintas (Foto: Istimewa)

Menurut Agus, pada 3 sampai 15 Januari 2022 telah mengkonfirmasi 33.170 pelanggaran pengendara motor, dan 416 pelanggar pengendara mobil.

“Jumlah tersebut terbesar, dibanding kota-kota lain di Indonesia,” jelas Kombes Pol. Agus Suryonugroho, belum lama ini. Dia menyatakan, mengatakan rata-rata pelanggaran pengendara motor adalah tidak mengenakan helm, dan berboncengan tiga.

Sementara itu, pelanggar yang menggunakan mobil nomor polisi yang tidak diperpanjang, serta tidak menggunakan sabuk pengaman.

“Tertinggi (tilang elektronik) di Polresta Surakarta dengan total 1.890 sudah terkonfirmasi sejak 3 sampai dengan 13 Januari 2022,” tambahnya.

Ia mengingatkan kepada seluruh pengendara agar mematuhi peraturan lalu lintas, karena tilang ETLE sudah diterapkan di seluruh daerah di Jawa Tengah. Ia juga memastikan, jika saat ini kamera ETLE sudah dipasang juga di helm Polisi lalu lintas di jajaran Polres.

Baca juga: Sebelum ETLE Diluncurkan Polda Jateng, 3.200 Pelanggar Terekam Kamera

Ini merupakan program dari Kepala kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo, yang menegakkan hukum di jalan raya caranya mengurangi interaksi langsung dengan pelanggar lalu lintas.