POPULAR STORIES

Sebelum Kendaraan Pribadi, Indonesia Harus Hadirkan Angkutan Umum Listrik Dulu

Sebelum Kendaraan Pribadi, Indonesia Harus Hadirkan Angkutan Umum Listrik Dulu

KabarOto.com - Saat ini penyumbang polusi terbesar di Indonesia khususnya kota Jakarta, adalah kendaraan bermotor. Diperlukan kendaraan ramah lingkungan agar bisa mengurangi polusi tersebut.

Kementerian Perindustrian bersama New Energy and Industrial Technology Development Organization (NEDO) melakukan kolaborasi proyek Stasiun Pengisian Listrik Umum yang tersebar di 3 kota Indonesia.

Baca Juga: Keren.. TransJakarta Bakal Pakai Bus Listrik Yang Ramah Lingkungan

Bus Listrik yang siap mengaspal di Indonesia.

Namun Ikatan Alumni Ahli Lalu Lintas (IKAALL) menyarankan kepada pemerintah lebih fokus pada kendaraan listrik berbasis kendaraan umum atau bus, agar bisa menjadi triger. "Sebelum kendaraan pribadi harusnya angkutan umum dulu yang menggunakan kendaraan listrik, kan bisa jadi triger nantinya," jelas Haris Muhammadun, kata Ikatan Alumni Ahli Lalu Lintas di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Menurutnya, angkutan umum berbasis kendaraan listrik bisa diterapkan di kota-kota besar Indonesia yang kualitas udaranya tidak bagus serta transportasi publik yang harus diperbarui.

"Ada enam kota besar yang transportasi umumnya harus diperbaharui, Jakarta, Surabaya, Makassar, Medan, Palembang, dan Manado. Kita juga lihat kota mana yang polusi udaranya paling parah," terangnya.

Baca Juga: Transjakarta Uji Coba Bus Listrik Nih, Gratis Loh!

Haris menambahkan, selain keenam kota besar tersebut calon ibu kota baru Indonesia pun dinilai cocok untuk diterapkan angkutan umum listrik. "Ibu kota baru dirancang dengan berbagai persiapan lebih matang. Artinya, kalau kita lihat konsep yang dipaparkan, ada konsep moda transportasi angkutan umum berbasis listrik," tutupnya.