POPULAR STORIES

Sejarah Mitsubishi Xpander Cross Yang Dipasarkan Di Indonesia

Sejarah Mitsubishi Xpander Cross yang Dipasarkan di Indonesia Kipli/ KabarOto

KabarOto.com - Mitsubishi Xpander Cross secara resmi diperkenalkan di Tanah Air akhir tahun 2019 lalu dengan DNA adventure sekaligus mobil keluarga secara bersamaan.

Bergaya seperti mobil crossover dengan daya angkut 7 penumpang layaknya MPV, Xpander Cross memiliki ground clearance lebih tinggi 20 mm dan 50 mm lebih lebar dari Xpander biasa.

Baca juga : Dibekali Suspensi Baru, Mitsubishi Xpander Cross Diklaim Lebih Stabil Dan Nyaman

Mobil baru ini dibekali pelek desain baru berukuran 17 inci, dipadukan wheel arch molding dan side body garnish yang memberikan kesan sporty. Ada roof rail juga untuk memberi kesan petualang.

Bagian belakang eksterior terdapat piano black tailgate garnish dan skid plate, berukuran lebih besar di bawah bumper sehingga lebih memberikan kesan tangguh.

Xpander Cross menggunakan mesin 4 silinder segaris DOHC MIVEC dengan kapasitas 1.500 cc. Mesin berkode 4A91 tersebut telah mengalami koreksi dari generasi sebelumnya, berupa peningkatan konsumsi bahan bakar dan kehalusan suara mesin.

Awal kemunculannya, Xpander Cross Tipe A/T dijual Rp277,7 juta, M/T dengan harga Rp267,7 juta dan Leather Seat Premium Package A/T dijual dengan harga Rp286,7 juta.

Xpander Cross tersedia dalam 5 pilihan warna yaitu putih sebagai hero color, abu-abu, orange, silver dan hitam.

Baca Juga: Ground Clearance New Mitsubishi Xpander Cross Manual Dan CVT Berbeda, Ini Sebabnya

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) kemudian memperkenalkan edisi spesial Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition pada akhir tahun 2020 silam di Tanah Air.

Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition hanya dibekali dengan transmisi otomatis dan tersedia dengan dua pilihan warna, yaitu quartz white pearl dan graphite grey. Model ini dijual dengan harga Rp 304,7 juta (OTR DKI Jakarta).

Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition menjadi pilihan terbaru yang cukup menggiurkan untuk para audiophile.

Mobil ini mendapat penanganan di bagian eksterior dan interior beraksen hitam.

Aksen hitam tersebut bisa dijumpai di front low bumper, rer lower bumper, alloy wheel, door mirror, beltline molding, roofrail. Adapun penyematan emblem di bagian kiri pintu bagasi berupa "Rockford Fosgate Black Edition".

Hingga pada akhir tahun 2021, MMKSI kembali meluncurkan New Xpander Cross dengan beberapa revisi. Mobil ini hadir dengan beberapa penyegaran pada performa, serta desain eksterior dan interior.

Pengembangan performa, New Xpander Cross terutama terdapat pada New CVT dibandingkan transmisi lawasnya yang menggunakan otomatis 4 tingkat percepatan.

Gril New Xpander Cross juga mendapatkan penyegaran dengan warna dan aksen baru yakni New Black Metallic Grille.

Kabin dilengkapi kombinasi warna navy dan hitam, desain dasbor baru dengan material soft touch, panel dan door trim dengan touch pad, tray dan card holder, konsol lantai dan arm rest baru.

Adapun panel ac digital baru, WSVGA capacitive touch panel display 9 inci dengan smartphone-linked display audio (SDA), high contrast meter cluster with color MID desain baru, setir baru dengan audio hands free switch, jok kulit sintetis dengan heat guard, arm rest dengan cupholder, tombol ac belakang, dan usb port konsol depan.

Adapun fitur keselamatan yang telah ada pada fitur sebelumnya telah ditambah dengan beberapa pembaharuan yakni sensitive automatic door lock, electric parking brake baru dengan brake auto hold.

Baca Juga: First Drive - Jajal Singkat Fitur New Mitsubishi Xpander Cross Di Berbagai Rintangan

Hingga pada pertengahan tahun 2022, versi update dari New Xpander Cross resmi diluncurkan di ajang GIIAS 2022.

Roof rail sekarang berubah dari silver jadi hitam agar lebih memberikan kesan SUV tangguh. Pada bagian samping menggunakan desain pelek baru namun tetap mempertahankan ukuran 17 inci, serta improvement wheel arc folding, sehingga tampilan lebih proporsional. Lalu desain palang kemudi juga baru agar menguatkan kesan SUV.

Low SUV ini mendapatkan beberapa ubahan dan dibekali fitur Active Your Control (AYC). Fitur AYC ini diklaim mampu membantu mengoptimalkan kestabilan kendaraan khususnya ketika bermanuver secara cepat atau dijalan yang licin. Sebelumnya fitur ini disematkan pada Mitsubishi Evolution.

Baca juga: Lewat Program 24HES, Mitsubishi Berikan Layanan Terbaik Untuk Konsumen

Fitur AYC tidak bisa dimatikan secara manual. Fitur bekerja saat menikung dan pengereman, terutama dalam kondisi jalan licin dan kecepatan tingi. Keamanan adalah poin yang diharapkan oleh fitur ini.

Selain fitur AYC, New Xpander Cross juga mendapatkan peningkatan dari sisi suspensi belakang yang diperbesar. Di mana, peningkatan ini diklaim mampu memberikan kestabilan saat berkendara di jalan yang rusak. Biasanya, suspensi ini digunakan oleh mobil mewah.

Soal harga, New Xpander Cross dipasarkan dalam dua pilihan varian yaitu New Xpander Cross MT dengan harga Rp 309,95 juta, sedangkan New Xpander Cross Premium Package CVT dengan harga Rp 335,75 juta.