POPULAR STORIES

Sekilas Soal Rangka Motor Honda ESAF

Sekilas Soal Rangka Motor Honda eSAF Ilustrasi (Foto: Astra Honda Motor)

KabarOto.com - Belakangan sedang viral soal rangka motor Honda yang mudah karatan, bahkan ada kasus patah karena tidak mampu menahan beban motor.

Rangka ini disebut eSAF (enhanced Smart Architecture Frame). Menggunakan bahan dasar plat baja, yang di-press dan dilas menggunakan laser.

Terdiri dari 6 bagian rangka yang disatukan, rangka tersebut 8% diklaim lebih ringan dari rangka-rangka motor Honda sebelumnya. Sehingga, membuat motor dengan rangka eSAF jadi lebih hemat BBM karena bobotnya lebih ringan. Serta berkat bentuk konstruksinya, maka ukuran bagasi dan tangki dapat dimaksimalkan.

Baca Juga : Daftar Skutik Honda Pakai Rangka ESAF, Viral Karena Karatan Dan Ada Yang Sampai Patah

Rangka ini pertama kali digunakan di motor Honda Genio pada 2019 lalu. Diikuti beberapa model lain seperti Honda BeAT dan BeAT Street tahun 2020, Honda Scoopy akhir 2020, hingga Honda Vario 160 2022.

Baca Juga : Baru 3 Minggu Dipakai, Rangka New Honda Vario 160 Milik Pemuda Ini Karatan

Belum diketahui lagi model apa yang akan menggunakan rangka eSAF mendatang atau apakah Honda bakal memperbaikinya, atau justru menyuntik mati penggunaan rangka tersebut. Rumornya paling dekat untuk BeAT 150 2023 saja sudah tidak memakai rangka ini.