POPULAR STORIES

Sektor BIsnis Ini Jadi Sasaran Pasar Mitsubishi Fuso Canter Dan Fighter

Sektor BIsnis Ini jadi Sasaran Pasar Mitsubishi Fuso Canter dan Fighter Foto: KTB

KabarOto.com - Kehadiran kendaraan angkut memiliki peran penting untuk menunjang bisnis di wilayah Pekanbaru, Riau. Selain untuk angkutan hasil pertanian, juga untuk pengiriman barang. Lalu bisnis apa yang menjadi resapan bagi kendaraan Mitsubishi Fuso Canter dan Fighter di Pekanbaru?

Sedikit informasi, tahun 2022 jadi tonggak bagi PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) di Indonesia, untuk meluncurkan produk terbarunya dengan standar emisi Euro 4.

Baca juga: Mitsubishi Fuso Truck Campaign Berlangsung Secara Offline, Setelah 2 Tahun Absen

Mitsubishi Fuso Canter mendominasi pasar mobil komersial Mitsubishi di Pekanbaru

Peranan regulasi standar emisi Euro 4 menjadi penting, karena membuat performa kendaraan meningkat berkat penggunaan bahan bakar berstandar lebih tinggi, juga turut membantu mengurangi polusi udara.

Namun bagaimana dengan pasar kendaraan komersial Mitsubishi Fuso di Pekanbaru?

Anthony Candra selaku Presiden Director PT Dipo Internasional Pahala Otomotif menjelaskan kepada KabarOto, bahwa saat ini yang menjadi andalan angkut kelapa sawit di Pekanbaru adalah Mitsubishi Fuso Canter sebagai pilihan utama, kemudian ada Fuso Fighter untuk daya angkut yang lebih besar atau banyak.

Kemudian sektor batubara juga menjadi pilihan kontribusi yang tidak sedikit untuk Mitsubishi Fuso, khususnya tipe Fighter. Dan kemudian bisnis industri pulp dan kertas, ini merupakan industri yang mengolah kayu sebagai bahan dasar untuk memproduksi pulp, kertas, papan, dan produk berbasis selulosa lainnya.

Baca juga: Dampak Penggunaan Mitsubishi Fuso Dengan Euro 4 Di Pekanbaru

Apalagi Kementrian Perindustrian telah menempatkan industri pulp dan kertas sebagai sektor strategis, dengan membuat kebijakan untuk meningkatkan daya saing produk lokal dengan impor.

Kemudian sektor migas juga menjadi peran penting Fuso Fighter untuk menjalankan proses pengangkutan dan pengiriman barang. Terakhir adalah jasa angkut logistik, Fuso Canter berperan untuk mengantar barang dari Jakarta ke Pekanbaru dan sebaliknya.

"Jadi jika ditanyakan tipe Fuso Fighter atau Canter yang memiliki pasar terbanyak di Pekanbaru, saya jelaskan bahwa Canter terbanyak dengan pasar di sini sekitar 65% penjualan Mitsubishi Fuso," pungkas Anthony Candra.

Ketika ditanyakan porsi penjualan nasional untuk Mitsubishi Fuso secara nasional, "Pekanbaru menyerap penjualan Mitsubishi Fuso sekitar 6%," tutup Novian Taufik selaku General Manager Sales Planning & Marketing PT KTB.