POPULAR STORIES

Selain Eropa, India Juga Tutup Pabrik-Pabrik Otomotif Akibat Corona

Selain Eropa, India Juga Tutup Pabrik-Pabrik Otomotif akibat Corona Pabrik otomotif di India stop produksi

KabarOto.com - Virus Corona (Covid-19) menjadi sesuatu yang mengerikan. Betapa tidak, sudah ribuan orang dari berbagai negara meninggal karena virus mematikan ini. Penyebarannya pun sangat cepat, sudah mewabah di ratusan negara dunia. Salah satunya adalah India. Penyebaran Corona harus menutup beberapa pabrikan otomotif di negara ini.

Seperti dilansir dari Rushlane, Sabtu (28/3), Pabrik-pabrik otomotif yang tutup di India adalah Toyota, Suzuki, Honda, Renault, Yamaha, GM, Mahindra, Fiat, Tata, Mercedes, JCB, Hero, Bajaj, dan Volkswagen.

Baca Juga: Minimalisir Penyebaran Virus Corona, Pabrik Jaguar Land Rover Di Inggris Ditutup

Pabrik-pabrik tersebut sudah menghentikan produksi sejak Kamis 26 Maret 2020 sampai 31 Maret 2020 mendatang. Batas waktu tersebut sama seperti yang dilakukan pabrikan Eropa, karena mereka mementingkan kesehatan dan keselamatan pekerjanya.

Selama penutupan, beberapa pabrikan juga melakukan pembersihan, termasuk menyemprotkan disinfektan, agar pabrik mereka terbebas dari Covid-19 saat karyawan kembali bekerja.

Ditutupnya pabrik otomotif, tentu menambah kesulitan pasar otomotif, setelah sebelumnya perlambatan di sektor ini akbiat kondisi ekonomi selama 18 bulan terakhir sehingga membuat permintaan pasar menjadi berkurang.

Selain India, penyebaran virus Corona di Korea Selatan nampaknya memengaruhi raksasa otomotif Hyundai. Pabrikan otomotif asal Korea Selatan ini telah menutup sebuah pabrik di Ulsan, Korea Selatan setelah pekerjanya ditemukan positif terdampak virus Corona.

Baca Juga: Akibat Wabah Virus Corona, Pabrik Hyundai Tutup Hingga Nilai Saham Turun

Yamaha Motor Eropa menghentikan sementara produksi mesin yang berada di Italia dan menghentikan perakitan di pabrik Prancis untuk membatasi penyebaran virus Corona. Keputusan menutup dua pabrik tersebut berdasarkan pertimbangan kesejahteraan dan ketenangan tenaga kerja di Italia dan Prancis, di mana 'social distance' menjadi strategi utama Pemerintah kedua negara memerangi penyebaran Covid-19.