POPULAR STORIES

Semakin Diminati, Pengguna Home Charging Kendaraan Listrik Naik 119 Persen

Semakin Diminati, Pengguna Home Charging Kendaraan Listrik Naik 119 Persen Ilustrasi home charging mobil listrik

KabarOto.com - Sejalan dengan peningkatan penjualan kendaraan listrik di Indonesia, realisasi home charging services dari PT PLN (Persero) naik lebih dari 100 persen sepanjang semester I 2023. Tercatat, pelanggan yang menggunakan layanan ini mencapai 1.933 pelanggan, naik 119,4 persen dari total 881 pelanggan di 2022.

Direktur Utama PT PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, pelanggan yang melakukan pemasangan home charging services selama Januari hingga Juni 2023, sebanyak 1.052 pelanggan.

Baca Juga : Dorong Industri Motor Listrik di Indonesia Kemenperin Gandeng JICA

“Dengan tumbuhnya pelanggan yang menggunakan hme charging ini menjadi sinyal positif pertumbuhan kendaraan listrik di Indonesia. Pelanggan kini semakin aware terhadap manfaatnya menggunakan kendaraan listrik,” ujar Darmawan.

Darmawan juga menyebut, sejak Januari sampai dengan Juni 2023 pemakaian tenaga listrik khusus home charging mencapai 960 MWh dari sebelumnya 91 MWh di Juni 2022.

“Penggunaan EV di masyarakat semakin masif, dan ini momen yang tepat untuk kita beralih ke energi bersih. Sejalan dengan misi pemerintah untuk mencapai Net Zero Emission (NZE) di 2060, PLN akan terus berkomitmen untuk memberikan yang terbaik,” tutur Darmawan.

Peningkatan jumlah pengguna juga didorong dengan hadirnya layanan Electric Vehicle Digital Services (EVDS) di tengah masyarakat. Ditambah lagi, layanan EVDS yang tersedia di PLN Mobile lebih memudahkan pelanggan untuk tambah daya, pasang baru, hingga membeli kendaraan listrik.

Baca Juga : Bagaimana Prosedur Pemasangan Home Charging Mobil Listrik?

Darmawan juga menambahkan, tersedianya layanan ultra fast charging di SPKLU dan SPBKLU yang tersebar di seluruh Indonesia semakin memudahkan mobilitas pelanggan EV. Ditambah lagi, target 1.000 unit SPKLU dan 1.500 unit SPBKLU pada akhir 2023 terus dikebut.

Untuk menarik minat masyarakat, PLN juga menawarkan beragam promo bagi pelanggan sampai dengan akhir tahun, salah satunya adalah promo pemasangan home charging services gratis dan diskon tarif sebesar 30% untuk pengisian daya mobil listrik pada pukul 22.00 – 05.00.