POPULAR STORIES

Seminggu Pelaksanaan PSBB Bekasi, Jumlah Pelanggar Mencapai 12.510 Kendaraan

Seminggu Pelaksanaan PSBB Bekasi, Jumlah Pelanggar Mencapai 12.510 Kendaraan Pelaksanaan PSBB Bekasi (KO/Edo)

KabarOto.com - Dalam rangka penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), pada tanggal 15 April lalu Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, melakukan pemeriksaan pada beberapa titik perbatasan, dengan wilayah lain.

Berdasarkan catatan Tim Pengawasan Pergerakan Orang dan Kendaraan Dalam Pelaksanaan PSBB Kota Bekasi, hingga hari ketujuh PSBB pada 22 April 2020, dilaporkan total pelanggaran kendaraan mencapai 12.510, meningkat dari hari sebelumnya (21/4) sebanyak 9.370 kendaraan.

Baca Juga: Mobil Jarang Dipakai Akibat WFH, Jangan Copot Kabel Aki!

Pelanggar didominasi pengendara yang tak menggunakan masker, yakni sebanyak 2.429 orang. Kemudian 9.080 orang masih berboncengan (tidak satu alamat) dan penumpang tidak menggunakan masker, serta 1.001 kasus pelanggaran melebihi kapasitas.

Data tersebut merupakan hasil rekapitulasi dari 32 titik check point yang ada di perbatasan Kota Bekasi. Sementara itu, catatan jumlah kendaraan yang masuk ke Kota Bekasi untuk roda dua mencapai 98.898 dan kendaraan roda empat mencapai 57.756.

Jumlah pelanggaran masih terbilang tinggi

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi mengatakan, dirinya sangat menyayangkan masih banyaknya pelanggaran tersebut terjadi, saat penerapan PSBB telah diberlakukan.

Baca Juga: Hari Pertama Pelaksanaan PSBB Bandung, Pengawasan Akses Jalan Diperketat

"Saya sudah sampaikan, hari pertama kedua sanksinya masih persuasif, hari ketiga empat warning. Nah, hari kelima enam dan seterusnya saya minta ada penegakan, Ketua timnya (Pos Pengaman PSBB) Polantas," ujar pria yang akrab disapa Pepen tersebut.

Menyikapi hal tersebut, Pepen bersama jajarannya akan segera melakukan evaluasi, terkait masih maraknya masyarakat yang melakukan pelanggaran-pelanggaran saat PSBB di Kota Bekasi.