Setelah Menggelar Tes Pramusim MotoGP, Sirkuit Mandalika Akan Diaspal Ulang

Setelah Menggelar Tes Pramusim MotoGP, Sirkuit Mandalika akan Diaspal Ulang Sirkuit Mandalika diaspal ulang atas permintaan pembalap MotoGP dan Dorna

KabarOto.com - Indonesia memiliki sirkuit bertaraf Internasional, bernama Mandalika. Sirkuit ini berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sirkuit Mandalika rencananya akan menggelar berbagai balapan intenasional, mulai dari MotoGP maret 2022, hingga WSBK yang rencananya digelar akhir tahun ini.

Pada 11-13 Februari 2022, pembalap MotoGP sudah menjalani test pramusim di mandalika. Para pembalap merasakan, track sirkuit ini masih kurang sempurna. Di beberapa tikungan, aspal mengelupas, bahkan mengotori motor serta wearpack pembalap.

Baca Juga: Marshal Di Sirkuit Mandalika Lulus Tes Tanggulangi Ceceran Oli

Setelah mendapat masukan dari para pembalap dan berbagai pihak, pengelola sirkuit pun setuju untuk mengaspal ulang sirkuit ini. Namun tidak seluruhnya, hanya beberapa bagian saja.

Pembalap repsol HondaMotoGP menguji Sirkuit Mandalika

Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), sebagai pengelola Pertamina Mandalika International Street Circuit sudah melakukan kesepakatan dengan FIM dan Dorna, untuk menghadirkan track yang lebih baik bagi kenyamanan pembalap. Dari kesepakatan, diambil keputusan, pengaspalan ulang dilakukan pada area R17 dan sebelum R5.

dengan harapan, sirkuit tersebut akan bisa digunakan dengan kondisi yang baik pada ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia. Secara keseluruhan, selama diuji coba, pembalap merasakan kesan positif pada sirkuit ini, standar keselamatannya, termasuk runoff, aspal maupun gravel yang luas dirasakan sangat baik.

Selama pengujian, dua area perbaikan diidentifikasi, yaitu kebersihan permukaan lintasan dan kelebihan agregat yang mempengaruhi bagian sirkuit. FIM pun mengawasi kegiatan homologasi trek, dan sudah berkomunikasi dengan ITDC mengenai perbaikan yang diperlukan ini. Kegiatan akan berlangsung tujuh hari sebelum digelar balapan.

Baca Juga: Bersihkan Sirkuit Mandalika, Kecepatan Pembalap MotoGP Melesat Hingga 314 Kpj

Dalam pernyataan resminya, FIM dan Dorna menyatakan "Pemilik sirkuit telah menyetujui penilaian dan permintaan FIM, menunjukkan tingkat dukungan dan komitmen mereka yang tinggi terhadap olahraga tersebut. Semua pihak telah bereaksi dengan cepat dan upaya perbaikan ini sudah berlangsung, termasuk pelapisan ulang sebagian lintasan,"