POPULAR STORIES

Setelah Satu Bulan Gratis, Ini Daftar Tarif Jalan Tol Manado - Bitung

Setelah Satu Bulan Gratis, Ini Daftar Tarif Jalan Tol Manado - Bitung

KabarOto.com - Jalan Tol Manado - Bitung ruas Manado - Danowudu sudah mulai beroperasi sejak penhujung bulan September, (29/9). Selama kurang lebih satu bulan masyarakat tidak dikenakan biaya karena tol masih digratiskan. Akhir Oktober, ruas tol akan menerapkan tarif baru.

"Mulai Jumat ini atau pada tanggal 30 Oktober 2020, tarif jalan tol ini akan resmi berlaku," ujar Direktur Utama PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) George I.M.P Manurung.

Baca Juga: Begini Penerapan Rekayasa Lalu Lintas Di Tol Cikampek

Tarif diberlakukan berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 1494/KPTS/M/2020 tanggal 14 Oktober 2020 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Pada Jalan Tol Manado-Bitung Segmen Manado-Simpang Susun Danowudu.

Jalan Tol Manado - Bitung menerapkan tarif dengan sistem transaksi tertutup. Tarifnya akan dikenakan secara proporsional atau sesuai dengan jarak pengguna jalan dengan tarif Rp 1.111/km. Sehingga biaya yang dikeluarkan akan dipengaruhi jarak serta golongan kendaraan.

Baca Juga: Walau Gratis Lalulintas Harian Rata-rata Jalan Tol Manado-Bitung Rendah, Ini Sebabnya

Sumber: Instagram Jasa Marga

Jadi, bagi Sobat KabarOto yang melintas di jalan Tol Manado - Bitung menggunakan kendaraan yang masuk dalam Golongan I, akan dikenakan tarif terjauh yaitu Rp 29.500 apabila masuk dari Gerbang Tol (GT) Manado dan keluar di GT Danowudu sebesar, maupun sebaliknya.

Selanjutnya, jika Sobat KabarOto masuk dari GT Manado dan keluar di GT Airmadidi sebagai jarak terdekat, maka hanya dikenakan tarif Rp 12 ribu.