Sampo Mobil Biasa Dan Mengandung Wax, Pilih Mana?

Sampo Mobil Biasa dan Mengandung Wax, Pilih Mana?

KabarOto.com – Mencuci mobil bagi sebagian orang memang sudah jadi kebutuhan, mobil bersih memberikan kenyamanan si pengguna dan lebih enak dipandang. Dengan mencuci sendiri, kita pun bisa lebih detil dalam membersihkan, dan tentunya hemat.

Lagi pula tak sulit mencari sabun atau sampo khusus mobil di pasaran, harganya pun terjangkau. Tapi terkadang kalian menemukan ada jenis yang biasa atau wash saja, dan wash and wax. Nah lebih baik mana sih sebenarnya? Begini penjelasannya sob!

Sampo dengan kandungan wax. Sumber foto @meguiars.

Baca Juga : Bagaimana Cara Pilih Lampu LED Yang Baik?

Sebenarnya keduanya bagus, paling penting pertama adalah sampo mobil memiliki pH balance agar aman bagi permukaan cat supaya tidak kusam. Tapi apabila penggunaan pribadi yang biasanya dicuci sendiri, lebih baik menggunakan jenis biasa tanpa wax, “Sebaiknya kalau dicuci sendiri pakai jenis biasa saja sudah cukup, karena tidak menimbulkan bekas apabila tidak langsung dibilas,” ujar Nugroho selaku Supervisor PPS Autoshine.

Contoh sampo pH balance tanpa wax. Sumber foto scjohnson.co.id.

Karena dilakukan sendiri, biasanya kita akan mengerjakan per bagian. Misalnya di bagian belakang, lalu berlanjut ke sisi lainnya, sehingga tak langsung dibilas. “Kalau kita pakai shampoo yang mengandung wax, maka bagian yang kita tinggalkan itu pasti akan mengering lebih capat, dan meninggalkan bercak bekas wax tersebut. Oleh karena itu, bila menggunakan sampo wax harus langsung dibilas,” jelasnya.

Beberapa contoh wax cair dipasaran.

Baca Juga : Helm Ternyata Ada Masa Berlakunya Sob!

Sebagai solusinya, kalian bisa kok membeli wax terpisah sebagai finishing sehabis mencuci. Dipasaran juga sudah banyak produk pelindung cat mobil dengan berbagai jenis dan bahan, seperti wax cair, sealant dan sebagainya.