POPULAR STORIES

Simak Sejarah Singkat Mobil Balap GT-R Sejak Lahir Hingga Sekarang

Simak Sejarah Singkat Mobil Balap GT-R Sejak Lahir Hingga Sekarang

KabarOto.com - Bulan Februari 1969, Nissan menciptakan Skyline 2000 GT-R yang merupakan mobil balap jagoan manufaktur asal Jepang tersebut hingga sekarang. Mobil ini berhasil memenangkan 52 kejuaraan dalam kurun waktu tiga tahun dan jadi salah satu torehan sejarah balapan Jepang.

Banyak fitur teknologi balap dalam mobil ini yang terinspirasi dari prototipe mobil balap Nissan (Prince) R380, seperti mesin DOHC 4 katup dan suspensi independen pada setiap roda, yang kemudian menjadi bagian penting saat mobil ini mendominasi pada balap di zamannya.

Model ini meraih kemenangan pertamanya pada 3 Mei 1969, di balapan TS-b dari JAF Grand Prix 1969 di Fuji Speedway, yang dimenangkan model 4-pintu-nya. Begitu pula di Grand Prix Jepang 1969, Oktober pada tahun yang sama, GT-R menorehkan kemenangan ketujuhnya, sistem bahan bakar tipe injeksi kemudian diadopsi, menghasilkan tenaga maksimum ke 226 dk pada 8.400rpm ini membuat Skyline semakin unggul di sirkuit.

Baca Juga: Sejarah Balap Mobilgas Trial 1958 Yang Dimenangkan Datsun 210

Dua tahun kemudian, di balapan All Japan Suzuka Automobile Race (Maret 1971), hardtop GT-R ditambahkan ke dalam formasi. Kemenangan ke-50 yang bersejarah diraih pada 20 Maret 1972, pada ronde pertama Fuji GC Series – balapan Fuji 300km.

Karena angin kencang dan hujan lebat, balapan dipersingkat dari 20 putaran menjadi 12 putaran. Mobil nomor 15, GT-R yang dinahkodai oleh K. Takahashi meraih posisi pertama sekaligus mencetak sejarah. GT-R menempati posisi teratas dalam berbagai balapan touring lokal di Jepang, dengan total 52 kemenangan hanya dalam tiga tahun.

Baca juga: Pejabat BUMN Touring Vespa, Ajak 150 Skuteris Menuju Ciwidey

Mobil ini sangat dikenal di seluruh dunia dan sering kali ditampilkan dalam budaya populer. Beberapa model GT-R telah muncul dalam seri video game yang masih berlanjut, seperti ‘Need For Speed’. Baik GT-R maupun Skyline pernah ditampilkan dalam franchise film yang sangat populer, yaitu ‘Fast and Furious’.

Puluhan versi GT-R yang berbeda muncul dalam game simulator balapan yang revolusioner ‘Gran Turismo’ sebagai mobil virtual. Saking antusiasnya respons terhadap mobil virtual tersebut, mobil konsep nyatanya pun diciptakan. Keren, ya!