Sistem Audio Hi-End Honda CR-V, Fokus Suara Jelas Dan Gebukan Bass Solid

Sistem Audio Hi-End Honda CR-V, Fokus Suara Jelas dan Gebukan Bass Solid Foto: Cartens Audio

KabarOto.com - Sudah hal lumrah zaman sekarang melakukan upgrade sistem audio mobil, berangkat dari yang namanya hobi hingga ketidak puasan terhadap kualitas audio bawaan yang biasa saja.

Seperti yang dilakukan oleh Andresson, pemilik Honda CR-V generasi kelima ini. Ia melakukan upgrade audio di mobil miliknya, dengan alasan untuk menikmati kualitas suara hi-end selama di perjalanan. Selain itu juga, ia ingin bisa ikutan kontes audio sound quality.

Cartens Audio menjadi pilihan Andresson, rumah audio mobil ini sudah memiliki pengalaman segudang dan menjuarai beberapa kontes audio, baik itu sound quality dan car theater. Artinya Andresson mendatangi tempat yang tepat untuk melakukan upgrade sistem audio.

Baca juga: Target Marcus Yeo, Bawa Audiofrog Bersaing Di Pasar Audio Indonesia

Tampilan luar tidak banyak ubahan

Mulai memasuki masa upgrade audio, Eddie Cartens selaku pemilik rumah audio mobil Cartens Audio ini menjelaskan bahwa membutuhkan setidaknya 3 bulan untuk membangun sistem sound quality. Bukan perkara ganti perangkat audionya saja, namun dibutuhkan beberapa pekerjaan tambahan.

"Peredaman dalam kabin ditingkatkan, dengan memasangkan peredam suara hampir diseluruh bagian kabin. Khususnya firewall, pintu dan sepatbor belakang. Ini agar kabin memiliki kualitas kekedapan suara yang baik," jelas Eddie.

Sistem speaker 3-way menjadi pilihan utama

Baca juga: Chip Semikonduktor Langka, Ini Dampaknya Terhadap Industri Audio

Selanjutnya head unit standar diganti menggunakan Kenwood DMX972XS, di sini mulai pemasangan secara terpisah adalah kabel speaker lansiran Harmonic Harmony. Kabel dibungkus supaya menghindari konslet dan gangguan lainnya, begitupula dengan kabel RCA dari head unit ke amplifier juga menggunakan Harmonic Harmony.

"Untuk power management kita tarik jalur baru dari aki ke VSS (voltage stabilizer) dan pembaginya di fuse dan ground distribution kustom copper," tambah Eddie.

Amplifier dan subwoofer tertata rapi, tetap mengedepankan fungsi dari bagasi

Untuk amplifier menggunakan 4 unit, peran dari perangkat ini adalah menjadi sumber tenaga untuk membunyikan speaker dan subwoofer agar tidak kehilangan daya. Karena speaker 3-way dan subwoofer ini memiliki beban watt yang tidak kecil, speaker menggunakan model 3 way dengan tweeter dan midbass menggunakan lansiran Focal Utopia 165WXP serta midrange dipilih Focal Beryllium.

Bagi penggemar audio mobil khususnya beraliran hi-end, perangkat speaker di atas sudah tidak asing lagi. Banderol dari speaker hi-end tersebut sudah berada di atas angka Rp 35 juta, khusus untuk Focal Beryllium bisa mencapai nilai hampir Rp 19 juta.

Speaker Focal Utopia 165WXP dengan midrange Focal Beryllium masuk jajaran perangkat hi-end

Baca juga: Ground Zero, Speaker Mobil Asal Jerman Dijual Rp4 Jutaan

Sistem audio di mobil ini menggunakan 2 sumber yakni analog (RCA) dan digital (USB), yang menarik pada bagian Amplifier 2 channel dengan 20 Watt perkanal ini adalah amplifier kelas A. Menariknya, amplifier ini merupakan hand made dan didatangkan dari Inggris.

Instalasi audio menempatkan 4 amplifier dan subwoofer di bagasi, dibuat minimalis tanpa mengkorbankan fungsi dari bagasi itu sendiri. Semua pemasangan perangkat audio tidak mengkorbankan estetika kendaraan itu sendiri, pemasangan sudah dengan perhitungan matang. Apalagi setting audio-nya pun dilakukan Eddie sendiri, beberapa kali meraih juara pertama di kontes audio menjadi bukti kualitasnya.

Setelah selesai instalasi perangkat audio, Eddie merasa puas karena setting-an dengan pemilihan perangkat audionya menghasilkan kualitas terbaik. "Fokus suaranya jelas pembagian atau separasi antar frekuensinya, ditambah kualitas gebukan bass yang solid dan tegas," tegas Eddie.

Andresson cukup puas dengan hasil instalasi audio di Honda CR-V miliknya, menurutnya kualitas suara yang luar biasa. Khususnya suara gebukan bass, tonal mid-nya dan resolusi suara atasnya cukup jelas dan fokus. Ketika ditanya berapa biaya yang dikeluarkan, Eddie menjawabnya singkat saja yakni hampir menghabiskan biaya 3 digit.

Spesifikasi sistem audio

  • Head unit Kenwood DMX972XS

  • Speaker 3-Way: Focal Utopia 165WXP (tweeter, midbass) dan Focal Beryllium (midrange)

  • Processor Resolut Type J

  • Amplifier Audiowave Excel 2 Channel (3 unit)

  • Amplifier Audiowave Excel Monoblock

  • Subwoofer Crescendo EVO712 (12 inci)

  • VSS Harrison Labs 100 Ampere (2 unit)

  • Capacitor NRG 100 Farad

  • Kabel Harmonic Harmony