POPULAR STORIES

Sokbreker Tabung Atas Dan Tabung Bawah, Mana Yang Lebih Baik?

Sokbreker Tabung Atas dan Tabung Bawah, Mana yang Lebih Baik? sokbreker tabung atas merek Scarlet

KabarOto.com - Saat ini banyak pengguna sepeda motor yang mengganti sokbreker bawaan pabrik dengan aftermarket yang dinilai lebih keren dan memberikan kenyamanan saat berkendara.

Selain suspensi belakang konvensional (berbentuk spiral) yang selama ini sudah dikenal, ada juga sokbreker yang ditambahkan tabung di bagian belakangnya. Sokbreker dengan tabung ini sebelumnya pernah digunakan oleh Honda Tiger dan juga Bajaj Pulsar. Nah, apakah fungsinya tabung tambahan?

Baca Juga: Scarlet Luncurkan Sokbreker Untuk Honda ADV150 Dan Vespa

Tabung tambahan sokbreker fungsinya untuk menstabilkan redaman. Di dalam tabung tersebut ada piston, nitrogen dan juga oli. Cara kerjanya, piston akan didorong oleh oli saat suspensi menerima tekanan. Piston yang terdorong akan distabilkan oleh tekanan nitrogen. Nitrogen memiliki fungsi lain yaitu untuk mendinginkan oli, karena oli memanas saat suspensi bekerja.

Sokbreker tabung tambahan ini ada dua jenis, yaitu tabung tambahan atas dan tabung tambahan bawah. Apa yang membedakan kedua jenis tabung tersebut, dan mana yang lebih baik untuk digunakan? Berikut penjelasannya.

Suwandi, Owner Scarlet Racing mengatakan, yang membedakan antara sokbreker tabung atas dan tabung bawah adalah fungsi kerjanya. "Sokbreker tabung atas menerapkan cara kerja memompa oli ke atas lebih dulu, kemudian mengalir ke bawah. Sedangkan shokbreker tabung bawah, sistem kerjanya langsung melewati as sokbreker," terangnya di kawasan Kapuk, Jakarta Barat.

Sokbreker tabung bawah

Di balik perbedaan sokbreker tabung atas dan bawah ini, keduanya sama-sama berperan penting dalam menstabilkan redaman. "Hanya cara kerjanya berbeda, sebenarnya fungsinya sama," ujarnya.

Suwandi pun menyarankan untuk menggunakan sokbreker tabung bawah, karena kinerjanya lebih mumpuni dan lebih berkualitas ketimbang sokbreker tabung atas.

"Sebaiknya gunakan sokbreker tabung bawah karena kinerjanya lebih baik. Tapi, kembali lagi bergantung merek apa, karena cara kerja tabung berbeda-beda pada setiap merek," kata Suwandi.

Baca Juga: Scarlet Racing Perkenalkan Karburator, Shok Tabung Dan Pelek Baru

Scarlet merupakan merek sokbreker yang diimpor dari Tiongkok sejak 2013. Scarlet menawarkan bebagai jenis sokbreker dari model spring hingga tabung atas dengan harga Rp 250 ribu sampai Rp 2 juta.