Spesifikasi Honda Civic Type R Terungkap, Lebih Bertenaga!

Spesifikasi Honda Civic Type R Terungkap, Lebih Bertenaga! Honda Civic Type R 2023 (Foto: Honda)

KabarOto.com - Spesifikasi Honda Civic Type R 2023 yang dipasarkan di Amerika Utara terungkap. Di mana, hot hatch ini mendapatkan peningkatan performa dibandingkan model sebelumnya.

Performa Honda Civic Type R 2023 datang dari mesin K20C1 4 silinder DOHC turbocharged berkapasitas 2.000 cc, menghasilkan tenaga 315 dk pada 6.500 rpm dan torsi 420 Nm pada 2.600-4.000 rpm.

Honda mengaku telah membuat ulang sistem turbocharger sehingga menghasilkan tekanan pada rentang putaran yang lebih luas dengan mengubah ukuran, bentuk dan jumlah bilah turbin di dalamnya.

Mesin K20C1 4 silinder DOHC turbocharged, berkapasitas 2.000 cc

Peningkatan aliran udara masuk dan sistem pembuangan yang lebih efisien dengan katup aktif diklaim membuatnya lebih keras pada putaran mesin tinggi, semuanya berkontribusi untuk membuat mesin ini lebih efisien.

Baca juga: Honda Dan LG Akan Bangun Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Di Amerika Serikat

Gril dengan kisi besar, radiator berukuran besar serta kipas berdiameter besar memastikan bantuan untuk mendinginkan mesin, sehingga membuatnya dapat digunakan lebih lama, juga memastikan kinerja optimal selama berkendara dengan performa tinggi. Transmisi manual 6 percepatan juga telah ditingkatkan untuk menghubungkan pengemudi dengan mobil dengan lebih baik.

Menggunakan basis dari Honda Civic Hatchback generasi ke-11, hot hatch ini memiliki jarak sumbu roda lebih panjang 3,5 cm untuk pengendaraan lebih mulus dan stabilitas baik. Sedangkan, suspensi MacPherson strut depan sumbu ganda dan suspensi belakang multilink disetel ulang, sehingga diklaim memiliki stabilitas dan rasa kemudi yang lebih baik di trek lurus.

Honda Civic Type R tangguh di trek lurus

Kinerja kaliper rem ditingkatkan dengan meningkatkan pendinginan rem, agar kinerja lebih tahan lama, termasuk booster rem yang di setting ulang untuk meningkatkan kemampuan kontrol saat pengereman dari kecepatan tinggi.

Honda Civic Type R menggunakan pelek hitam matte berukuran 19 inci, dibungkus ban Michelin Pilot Sport 4S yang lebih lebar 0,7 inci dari model generasi terakhir.

Baca juga: Ekspor All New Honda BR-V Tembus 1.000 Unit, Target Dikirimkan Ke 30 Negara

Honda Civic Type R ditawarkan dalam pilihan warna Championship White (eksklusif Tipe R), Rallye Red, Boost Blue, Crystal Black Pearl, dan Sonic Grey Pearl.

Area dasbor Honda Civic Type R

Masuk area kabin, Honda Civic Type R mendapatkan jok bucket warna merah, tingkat transmisi aluminium dan logo Type R berseri di dasbor.

Panel instrumen digital baru dirancang sebersih dan semudah mungkin dibaca untuk menyampaikan informasi penting saat mengemudi dengan kecepatan tinggi. Sekarang fitur mode +R, menempatkan indikator putaran yang terinspirasi dari balap dan informasi posisi gigi di bagian atas layar.

Layar infotainment 9 inci, dilengkapi dengan datalogger kinerja Honda LogR eksklusif, yang membantu memantau dan merekam parameter kinerja secara real time untuk meningkatkan keterampilan mengemudi di sirkuit. Fitur ini dilengkapi dengan kompatibilitas nirkabel Apple CarPlay dan Android Auto, sedangkan pengisian daya nirkabel yang kompatibel dengan Qi dan sistem suara premium Bose Centerpoint menambah kemewahan.