Honda Dan LG Akan Bangun Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Di Amerika Serikat

Honda dan LG akan Bangun Pabrik Baterai Kendaraan Listrik di Amerika Serikat Mobil-mobil listrik yang akan diproduksi Honda (Foto: Honda)

KabarOto.com - Seiring berkembangnya pasar kendaraan listrik di seluruh negara, Honda Motor Co berencana membangun pabrik baterai lithium-ion di Amerika Serikat.

Produsen mobil asal Jepang ini akan menggandeng LG Energy Solution Ltd, pemasok baterai yang berbasis di Korea Selatan. Hal itu dijelaskan dalam keterangan resmi perusahaan, dilansir dari Reuters (30/8).

Baca Juga: Mobil Listrik Honda E Diluncurkan Dengan Warna Dan Detail Baru

Pabrik baterai ini diperkirakan akan menghabiskan anggaran 4,4 miliar dollar AS. Dibangunnya pabrik ini untuk meningkatkan produksi di Amerika Serikat, karena di negara ini pengguna kendaraan listrik meningkat. Sebab, sebelumnya Pemerintah setempat mengeluarkan peraturan ketat terkait kelayakan kredit pajak.

Kerjasama Honda dan LG bangun pabrik (Foto: st.arenaev.com)

Lokasi pabrik baterai kerjasama antara Honda dan LG ini belum ditentukan, namun Ohio menjadi salah satu daerah yang menjadi pertimbangan. Perusahaan targetkan kapasitas produksi tahunan pabrik sekitar 40 Gigawatt (GWh). Nantinya akan dipaso ke fasilitas Honda di Amerika Utara, digunakan untuk mobil listrik Honda dan Acura.

Seperti diberitakan, pemerintah Amerika Serikat sudah mendorong kebijakan, untuk membawa lebih banyak investasi pabrik baterai serta manufaktur kendaraan listrik ke wilayahnya.

Baca Juga: Honda Dirikan Pabrik Mobil Listrik Di Tiongkok

Presiden Joe Biden sendiri, telah menandatangani tagihan iklim, perawatan kesehatan, dan pajak senilai 430 miliar dolar AS bulan ini. Pabrikan yang merakit kendaraan listrik di luar Amerika Utara, tak akan memenuhi syarat untuk kredit pajak.