Stellantis Bakal Punya Fasilitas Gigafactory Baru, Beroperasi Tahun 2024

Stellantis Bakal Punya Fasilitas Gigafactory Baru, Beroperasi Tahun 2024

KabarOto.com – Stellantis tengah berencana untuk menghadirkan beberapa kendaraan listrik, termasuk, muscle car dari Dodge dan pickup listrik dari Ram. Selain itu, pabrikan mobil asal Belanda ini juga mengharapkan 40 persen penjualan produknya di Amerika Serikat berasal dari mobil listrik pada tahun 2030.

Untuk memenuhi target tersebut, Stellantis menjalin kerjasama dengan LG Energy Solution untuk mendirikan fasilitas manufaktur baterai baru di Amerika Utara, sebagai bagian dari usaha patungan.

Di mana, pabrik tersebut untuk memproduksi sel baterai dan modul mulai kuartal pertama 2024.

Baca juga: Sukses Dengan Peugeot Design Lab, Kini Lahir Studio Desain Stellantis

Pabrik ini diklaim memiliki kapasitas produksi tahunan sebanyak 40 gigawatt jam dan baterai yang dibangun akan dipasok ke fasilitas Stellantis di seluruh Amerika Utara untuk dipasang di plug-in hybrid serta kendaraan listrik.

Saat ini, perusahaan sedang menjajaki di mana untuk membangun pabrik, tetapi keputusan kemungkinan akan segera datang karena peletakan batu pertama diharapkan terjadi pada kuartal kedua tahun depan.

Baca juga: Kerjasama Stellantis Dan Foxconn Bikin Kabin Peugeot Makin Canggih

Dalam sebuah pernyataan, CEO Stellantis, Carlos Tavares mengatakan bahwa, “Pengumuman ini adalah bukti lebih lanjut bahwa kami menerapkan peta jalan elektrifikasi dan menindaklanjuti komitmen yang kami buat selama acara EV Day kami di bulan Juli.”

Sementara itu, Stellantis tidak membahas secara spesifik, tentang mobil listrik pertama dari Dodge yang akan tiba pada tahun 2024.

Sedangkan, Ram 1500 EV juga diharapkan akan diluncurkan pada waktu yang bersamaan.