POPULAR STORIES

Stellantis Siap Produksi Mobil Otonom Level 3 Mulai 2024

Stellantis Siap Produksi Mobil Otonom Level 3 Mulai 2024 Pendeteksi sistem otonom Level 3 (Foto: Stellantis)

KabarOto.com - Stellantis bersama Valeo tengah bersiap untuk meluncurkan mobil pertamanya yang menggunakan sistem otonom Level 3 pada tahun 2024.

Sebagai informasi, Mercedes-Benz adalah pabrikan mobil pertama yang mendapatkan sertifikasi legal untuk sistem otonom Level 3. Di mana, Stellantis mulai menyesuaikan produknya dengan generasi terbaru dari sistem Scala yang dikembangkan Valeo.

Sistem otonom Level 3 memungkinkan pengemudi dapat mengalihkan perhatian mereka dari jalan, untuk mengirim email, menonton film, atau membaca buku. Namun, pengemudi harus siap untuk mengambil kendali, ketika diperintahkan untuk melakukannya.

Baca juga: Stellantis Hadirkan Mesin Bensin Sekuat V8

Meskipun Tesla belum memiliki mobil dengan sistem otonom Level 3, Elon Musk menganggap teknologi lidar, dan bahkan teknologi radar, tidak diperlukan untuk mengemudi secara otonom. Kecelakaan mobil listrik Tesla yang viral telah membuktikan bahwa kamera dapat mengalami kerusakan akibat cahaya.
Sistem otonom Level 3 Mercedes-Benz

Sistem Lidar bekerja dengan memantulkan sinar laser dari objek, yang ketika dikembalikan ke sensor mobil memungkinkan komputer membuat peta lingkungan sekitar, termasuk lalu lintas lainnya. Di mana, sistem otonom Level 3 pada Mercedes S-Class mengandalkan campuran radar, kamera, lidar, dan bahkan sensor kelembaban.

Baca juga: Stellantis Bakal Kerahkan Mereknya Beralih Ke Kendaraan Listrik Beberapa Tahun Mendatang

Teknologi terbaru dari Scala lidar yang akan digunakan oleh Stellantis membuat lompatan besar dibandingkan generasi saat ini yang digunakan oleh Mercedes-Benz. Resolusi sistem baru ini 12 kali lebih besar, memiliki sudut pandang 2,5 kali lebih lebar, dan dapat melihat tiga kali lebih jauh, memberikannya kemampuan untuk melihat objek lebih dari 200 m.

Sistem otonom STLA AutoDrive Stellantis sedang dikembangkan bersama dengan BMW dan akan memulai debutnya pada tahun 2024, di mana saat itu perusahaan akan fokus pada pengembangan teknologi otonom Level 4 dan Level 5.