POPULAR STORIES

Subaru Membuat WRX STi Paling Bertenaga

Subaru Membuat WRX STi Paling Bertenaga Foto: Subaru South Africa

KabarOto.com – Subaru baru saja membangun mobil terkencang yang pernah dibuat pabrikan Jepang tersebut. Demi memperingati ulang tahun ke 30 divisi motorsport Subaru Tecnica International atau yang lebih dikenal dengan nama STi.

Mobil yang dijadikan obyek ulang tahun tersebut tentu saja tidak lain, tidak bukan adalah WRX STi. Tapi bukan WRX STi biasa, ini adalah Diamond Edition.

Baca Juga: Sejarah Toyota Corolla Di Indonesia

Varian ini hanya dibuat sesuai umur STi sendiri yaitu 30 unit saja dan Subaru mengklaim bahwa ini adalah mobil paling bertenaga yang pernah dipasarkan. Proyek ini digarap oleh tim Subaru Afrika Selatan (SSA) dan dipimpin oleh Manajer Teknis Subaru SA, Deon Van Heerden.

"Kami perlu melahirkan kembali STI dan menciptakan kendaraan yang lebih kuat dan sesuatu yang akan menjadi titik pembicaraan bagi penggemar STi," ujarnya.

Memerlukan waktu selama 18 bulan untuk menciptakan mobil ini hingga selesai, berbagai pengetesan juga dilakukan seperti tes ketahanan mesin, oli yang cocok, serta dynamometer testing. Lalu berapa tenaga yang ditawarkan dari seri Diamond Edition ini?

Baca Juga: Gokil! Toyota Trueno Ini Ditawar Rp 1,7 Miliar

Tenaga yang dihasilkan sebesar 346 dk dan torsi sebesar 463 Nm, yang didapat karena settingan pada ECU yang diatur ulang dan adanya upgrade pada exhaust system. Tenaga tersebut naik cukup signifikan dari standarnya yang 310 dk.

Klaim dari Subaru Afrika Selatan mengatakan, bahwa tenaga tersebut mampu membawa Diamond Edition ini dari 0-100 kpj hanya dalam waktu 5 detik. Hanya saja, top speed yang diraih tidak berubah, masih di angka 255 kpj.

Tidak hanya mesin yang diubah dari mobil ini, melainkan jarak roda yang diperlebar hingga 20 mm. Suspensi roda depan dibuat pendek 10 mm.

Baca Juga: Berkat Audiofrog, Tata Suara Mitsubishi Xpander Ini Serasa Nonton Konser Live

Pada eksterior, pemakaian body kit khusus Diamond Edition yang berkelir kuning stabilo, lalu juga terdapat engine brace STi baru atau biasa kita kenal strutbar.

Pelek yang digunakan juga lightweight dan berukuran cukup besar dengan 19 inci dengan balutan ban berukuran 245/35R19. Lengkap dengan sistem pengereman dari Brembo.

Diamond Edition ini nantinya akan hanya dijual bagi pasar Afrika Selatan dan hanya dijual sebanyak 30 unit. Wah beruntung juga ya Afrika Selatan. Kabarnya mobil ini sudah biasa di pre-order dari November 2018 dan mulai disebar pada Januari 2019 mendatang.

Harga yang ditawarkan cukup fantastis yaitu R799.000 atau sekitar Rp 825 juta, lengkap dengan biaya untuk perawatan selama 3 tahun/75.000km dan garansi selama 5 tahun/150.000 km.

Berminat? Cepetan pesan tuh, cuma 30 unit loh seluruh dunia.