Suzuki Jimny Di Indonesia Diam-diam Di Recall, Ada Masalah Apa?

Suzuki Jimny di Indonesia Diam-diam di Recall, Ada Masalah Apa? Suzuki Jimny

KabarOto.com - Suzuki Jimny merupakan salah satu mobil terlaris yang dipasarkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Bahkan, untuk mendapatkan mobil ini, konsumen harus menunggu lama, karena produksinya sedikit, sementara permintaannya melebihi target.

Namun, dibalik mobil dengan penggerak 4x4 ada satu komponen yang yang mengganggu performanya, yaitu wiring set pintu kanan dan kiri. Hal itu, membuat Suuki melakukan recall atau menarik kembali Suzuki Jimny. Pemilik diminta datang ke diler untuk mengganti komponen yang bermasalah tersebut.

Baca juga: Harga Suzuki Jimny Naik, Tembus Rp 400 Jutaan

Kabar Suzuki menarik kembali Jimny disampaikan oleh Julian Johan, perelli juga influencer otomotif Indonesia, melalui akun instagram @jejelogy, Jumat (27/08) lalu. Jeje panggilan akrabnya, mengaku kaget setelah dihubungi pihak diler.

Recal Suzuki Jimny (Foo: Instagram @jejelogy)

"Hari ini pengalaman pertama saya datang ke dealer untuk panggilan Recall kendaraan. Suzuki Jimny baru (JB74) mengalami recall, pada bagian wiring set pintu kanan dan kiri," papar Jeje dalam postingan.

Jeje mengaku, informasi recall ini sudah ia ketahui dari media Australia dan Eropa, bahwa Suzuki Jimny ditarik kembali untuk pergantian komponen pada Juli 2021 lalu. "Ternyata di Indonesia juga terkena recall pada kabel ini. Konsumen langsung di infokan oleh diler Suzuki tempat pemesanan Jimny," terang Jeje lagi.

Dia menambahkan, kemungkinan program recall sama seperti yang terjadi di Australia, kabel yang ada di pintu bisa rusak akibat tergencet atau terkelupas saat buka-tutup pintu.

Jika didiamkan dalam waktu lama, berpengaruh ke power window dan bagian elektrik lainnya. "Tapi pengalaman pribadi saya, saya sempat beberapa kali mengalami terkena setrum statis dari bagian sekitar door lock," tambah dia.

Baca juga: Suzuki Buka Suara Soal Rencana Produksi Jimny Di Indonesia

Ternyata bukan hanya Jeje yang mengalami hal tersebut, teman-teman dia di komunitas @jb74.id ternyata juga mengalami hal yang sama. Namun Jeje belum mengetahui dengan jelas komponen mana saja yang bermasalah.

"Dan saat saya tanya ke teman2 komunitas @jb74.id, beberapa juga punya pengalaman yang sama. Masih belum pasti juga apa ada kaitannya," tambah dia. Dia menambahkan, "sejauh ini setelah ganti kabel, belum pernah kena listrik statis lagi. Heheh sekedar berbagi pengalaman saya," paparnya dalam postingan itu.

Bagi yang memiliki Suzuki Jimny, mengutip penyataan Service Manager Dealer Suzuki BSD, pengguna Jimny JB74 dapat melakukan perbaikan dan penggantian duku cadang bermasalah di bengkel resmi Suzuki mana saja. "Persyaratannya hanya buku servis dan STNK," tegas Jeje.