Tahu Active Airstream Kidney Grille? Gril BMW Yang Bisa Terbuka Sendiri Loh

Tahu Active Airstream Kidney Grille? Gril BMW yang Bisa Terbuka Sendiri Loh Foto: bmw.co.id

KabarOto.com – BMW sudah selayaknya memiliki segudang teknologi canggih yang tidak dimiliki merek lain. Salah satunya adalah Active Airstream Kidney Grille.

Seperti yang kita tahu, model gril khas BMW yaitu Kidney Grille dengan model 2 buah lubang besar itu ternyata bukan hanya sebuah lubang hiasan loh. Ada teknologi yang disematkan pada gril tersebut, yang disebut Active Airstream Kidney Grille. Teknologi seperti apakah itu? Mari kita bahas.

Sejatinya, teknologi tersebut ditujukan untuk menyuplai udara yang lebih banyak ke ruang mesin. Menurut Ismail Ashlan selaku Corporate Communications BMW Group Indonesia, “Gril pada bagian depan akan bergerak seperti katup udara, dan katup udara tersebut hanya akan terbuka ketika ada peningkatan suhu, dan membutuhkan supplai udara lebih ke dalam ruang mesin.”

Baca Juga: Profil - BMW M2 Competition, Ini Dia Harga Dan Spesifikasi Terlengkapnya!

Tidak hanya meningkatkan pasokan udara yang masuk ke ruang mesin, udara tersebut juga melewati sisi sepatbor mobil. Sementara teknologi ini bekerjasama dengan Air Breather, yang mengarahkan aliran udara ke saluran udara melalui fender samping.

Kondisi ketika gril dalam posisi tertutup

Teknologi ini bertujuan mengurangi turbulensi di sekitar roda dan diharapkan berdampak ke meningkatnya aerodinamika dari mobil itu sendiri. Ujung-ujungnya dapat menekan emisi gas buang CO2, serta tampilan saat sistem ini terbuka juga turut mengubah bagain gril yang membuat bilah lebih banyak pada Kidney Grill-nya.

Uniknya adalah jika sensor pada mobil tidak membaca untuk membutuhkan suplai udara lebih, sistem ini akan terus dalam keadaan tertutup.

Sementara memang belum semua seri dari BMW mengusung teknologi ini. Karena di Indonesia sendiri, teknologi ini baru disematkan pada seri 7 dan 5. “Di Indonesia pertama kali diperkenalkan di tahun 2015 saat peluncuran BMW seri 7. Kini juga sudah tersedia di BMW seri 5 terbaru, mulai dari seri 730Li, 740Li, 520i dan 530i,” ujar Ismail lagi.

Baca Juga: Pengin BMW M550d Bertenaga 508 DK, Cek Paket Ini

Lalu berapa sih harga dari mobil yang sudah mengusung teknologi tersebut? Dikutip dari website resmi BMW Group Indoensia, untuk seri 5 (520i) harga OTR-nya adalah Rp 1.126.000.000, untuk tipe (530i) Rp 1.303.000.000 dan tipe (530i Touring M Sport) dibanderol paling mahal yaitu Rp 1.591.000.000.

Sementara untuk seri 7-nya hanya memiliki 2 model yaitu 730Li seharga Rp 1.940.000.000 dan 740Li seharga Rp 2.470.000.000.